Iklan
Iklan

WHO: Covid-19 Muncul dari Jual Beli Satwa Liar

- Advertisement -
Ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan mereka tidak menemukan bukti bahwa Covid-19 bocor dari laboratorium China, dan sebaliknya kemungkinan disebabkan oleh perdagangan satwa liar.

Empat ahli WHO yang melakukan penyelidikan selama sebulan di China menegaskan tidak ada yang membuktikan penyakit itu sengaja dikembangkan.

Dan mereka menyerukan agar ancaman pandemi diperlakukan dengan keseriusan yang sama seperti terorisme setelah serangan 11 September 2001.

Para ilmuwan mengatakan dalam briefing Chatham House bahwa mereka menemukan hubungan antara pasar hewan hidup di Wuhan, tempat pasien pertama kali jatuh sakit, dan daerah tempat kelelawar terserang virus.

who covid-19 china

Peter Daszak, ahli zoologi dan presiden EcoHealth Alliance, yang bekerja untuk mencegah pandemi, mengatakan: “Ada saluran dari Wuhan ke provinsi-provinsi di Cina Selatan, tempat virus relatif terdekat dengan [virus corona] ditemukan pada kelelawar.”

Dr Daszak mengatakan perdagangan satwa liar adalah penjelasan yang paling mungkin tentang bagaimana Covid-19 tiba di Wuhan.

Ilmuwan WHO dan rekan-rekan mereka dari China menganggap penjelasan yang paling mungkin adalah bahwa virus tersebut menyebar ke hewan peliharaan atau hewan ternak, tambahnya.

Dunia akan mengetahui “dalam waktu dekat, dalam beberapa tahun mendatang” apa yang memulai pandemi, ia memperkirakan. Biasanya diperlukan waktu bertahun-tahun untuk menentukan reservoir hewan untuk wabah.

who covid-19

Tim akan merilis laporan minggu depan tentang kesimpulan awal misi mereka ke Wuhan.

Marion Koopmans, kepala viroscience di University Medical Center Rotterdam, mengatakan mereka mengunjungi tiga laboratorium yang paling dekat dengan pasar Huanan di Wuhan, dan meneliti protokol dan penelitian mereka, di antara masalah lainnya.

“Kami menyimpulkan bahwa sangat kecil kemungkinannya ada insiden laboratorium,” katanya.

China telah menghadapi klaim bahwa Institut Virologi Wuhan dapat menjadi sumber yang dicurigai dari virus Covid-19.

Covid-19

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA