Iklan
Iklan

Bantah Terima Rp 17 Miliar Korupsi BTS, Johnny Plate: Kekayaan Tak Nambah

- Advertisement -
Bantah Terima Rp 17 Miliar Korupsi BTS, Johnny Plate: Kekayaan Tak Nambah.

Mantan Menkominfo Johnny G Plate membantah turut menerima keuntungan dari kasus korupsi BTS Bakti Kominfo. Menurut politikus NasDem itu, hal tersebut dibuktikan dengan tidak adanya penambahan harta kekayaannya.

Argumen tersebut menjadi bagian dari eksepsi Plate yang dibacakan kuasa hukumnya di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (4/7). Eksepsi diajukan sebagai keberatan atas dakwaan jaksa.

Plate didakwa bersama-sama melakukan korupsi pengadaan BTS Bakti Kominfo yang merugikan negara Rp 8 triliun. Dari kasus tersebut, Plate disebut turut menerima keuntungan Rp 17 miliar.

“Selain faktanya terdakwa tidak pernah menerima uang maupun fasilitas yang didakwa oleh penuntut umum dan tidak pernah mengetahui adanya pemberian-pemberian uang tersebut,” kata pengacara Plate membacakan eksepsi, dikutip dari kumparan pada 4 Juli.

Dalam dakwaan, Plate disebut menerima keuntungan. Baik berupa uang tunai hingga fasilitas seperti main golf dan penginapan saat dinas luar negeri.

“Pemberian-pemberian yang dituduhkan dalam surat dakwaan tersebut di atas sama sekali tidak menimbulkan pertambahan kekayaan bagi terdakwa,” kata pengacara.

“Sehingga, tuduhan tersebut kontradiktif atau tidak sejalan dengan pasal yang didakwakan terhadap terdakwa,” sambungnya.

Atas dasar itu, pengacara menilai dakwaan korupsi BTS yang didakwakan jaksa kepada Plate tidak cermat, tidak jelas, dan tidak lengkap

“Sehingga sudah seharusnya surat dakwaan dinyatakan batal demi hukum, atau setidak-tidaknya dinyatakan tidak dapat diterima,” ujar pengacara.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA