Festival Padang Bercerita 2024: Tingkatkan Literasi dan Promosikan Kota Padang

Pariwara

- Advertisement -
Puncak acara Festival Padang Bercerita 2024 sukses digelar di Bagindo Azizchan Youth Center, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, pada Selasa siang (6/8/2024). Festival ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Jadi Kota (HJK) ke-355 Padang dan dihadiri oleh berbagai kalangan.

Acara ini menampilkan beragam kegiatan, mulai dari penampilan pemenang lomba bertutur tingkat Sekolah Dasar (SD), lomba video pendek, hingga peluncuran buku Padang Bercerita.

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar, dalam sambutannya, menegaskan komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Padang untuk terus meningkatkan literasi masyarakat di tengah maraknya disinformasi dan hoaks.

“Kemampuan literasi sangat penting dimiliki oleh masyarakat dalam memilah, menelaah, dan menganalisis informasi,” ujar Andree. Ia juga menyebut bahwa Festival Padang Bercerita merupakan salah satu cara Pemkot Padang mendukung literasi, selain kegiatan seperti bedah buku Siti Nurbaya dan peresmian nama Jalan Marah Roesli.

Andree berharap kegiatan ini tidak hanya meningkatkan minat baca masyarakat, tetapi juga menjadi ajang promosi Kota Padang. “Harapan saya, ini menjadi ajang promosi visi dan misi Kota Padang, terutama dalam bidang pendidikan, serta menambah khazanah literasi untuk Indonesia,” tambahnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Padang, Ferimulyani Hamid, menjelaskan bahwa rangkaian Festival Padang Bercerita telah berlangsung sejak awal Juli dan mencapai puncaknya dengan peluncuran buku Padang Bercerita serta pengumuman pemenang lomba video pendek.

Untuk lomba video pendek, Juara 1 diraih oleh Salingka Cinema, Juara 2 oleh Efendi Idris, dan Juara 3 oleh Rahmat Irfan Denas. Sebelumnya, festival ini juga mencakup workshop kepenulisan yang menghasilkan 100 opini dari pustakawan dan penggiat literasi di seluruh Kota Padang.

Trending Topic

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA