Kelurahan Kuranji Kota Padang Ditetapkan sebagai Kampung Tematik Ketahanan Pangan

- Advertisement -
Padang, 7 Mei 2024 – Dinas Pertanian Pemerintah Kota (Pemkot) Padang menetapkan Kelurahan Kuranji sebagai Kampung Tematik Ketahanan Pangan. Wali Kota Padang, Hendri Septa, menjelaskan bahwa penetapan ini didasari oleh kondisi eksisting di Kelurahan Kuranji, yang memiliki banyak petani dan kelompok tani yang membudidayakan berbagai komoditas pertanian seperti padi, sayuran, dan ternak.

Hendri Septa menyatakan bahwa di Kelurahan Kuranji akan diterapkan pertanian berbasis teknologi dengan tagline “Bersawah Pokok Murah” dan teknologi pakan ternak yang digagas oleh pemerhati pertanian Ir. Djoni, pendiri Dangau Inspirasi. “Nantinya di Kelurahan Kuranji ini akan diterapkan pertanian berbasis teknologi,” ujar Hendri Septa saat peluncuran Kampung Ketahanan Pangan di halaman Masjid Muthmainnah, Jalan Pasa Lalang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat.

Hendri Septa menambahkan bahwa Kampung Ketahanan Pangan ini merupakan upaya Pemkot Padang dalam mendukung program ketahanan pangan nasional dan menjadikan Padang sebagai salah satu kota maju di Indonesia. “Kita harapkan Kota Padang juga seperti Belanda, yang menjadi negara pasokan pangan di dunia,” pungkasnya, mengacu pada potensi besar Padang dengan luas sawah 5.216 hektar.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Yoice Yuliani, mengungkapkan bahwa selain peluncuran Kampung Ketahanan Pangan, juga dilaksanakan pengukuhan Komisariat Daerah Duta Petani Milenial Kota Padang dan penyerahan benih padi sebanyak dua ton dari PT. Semen Padang. “Bantuan ini diterima oleh kelompok-kelompok tani yang ada di Kota Padang,” sebut Yoice Yuliani.

Acara ini juga dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Didi Aryadi, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Alfiadi, Kepala Bappeda Yenni Yuliza, Camat Kuranji Rido Satria, Direktur Utama PT. Semen Padang Indrieffouny, Ketua Umum Kadin Sumbar Buchari Bachter, dan unsur terkait lainnya. Penyerahan bantuan berupa alat pertanian, benih sayuran, ayam petelur, bibit ikan nila dan lele, serta bibit tanaman buah-buahan juga dilakukan pada kesempatan ini.

Dengan penetapan Kelurahan Kuranji sebagai Kampung Tematik Ketahanan Pangan, Pemkot Padang menunjukkan komitmennya dalam mendukung ketahanan pangan nasional dan meningkatkan kesejahteraan petani melalui penerapan teknologi pertanian modern. Hal ini diharapkan dapat menjadi model yang berkelanjutan dan ditiru oleh daerah lain di Indonesia.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA