Pasangan Adi Gunawan-Romi Siska Dijegal di Pilkada Dharmasraya, Heboh Soal Peran Gerindra

- Advertisement -

Langkah pasangan Adi Gunawan – Romi Siska sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati akhirnya dijegal di Pilkada Dharmasraya, Sumatera Barat.

Kandasnya perjuangan pasangan Adi Gunawan – Romi Siska untuk mengikuti kontestasi pemilihan kepala daerah akibat Partai Keadilan Sejahtera batal mendukung kedua pasangan ini.

Kemudian PKS tiba-tiba saja mengalihkan dukungan ke pasangan Annisa Suci Ramadhani-Leli Arni.

Menurut pengakuan, Ketua DPD PKS Dharmasraya, Widayatmo, bahwa dia mendapat instruksi DPP PKS untuk mengalihkan dukungan itu pada Sabtu, 14 September 2024 sore. Namun, dia tidak mengetahui alasan DPP PKS mengubah keputusan itu.

“Dari aspek psikologi kader banyak yang kaget. Terkejut dengan putusan seperti itu. Termasuk saya sebagai ketua DPD,” ujar Widayatmo, Minggu (15/9/2024).

Kemudian beredar kabar bahwa ada peran Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di balik pembatalan dukungan PKS terhadap Adi-Romi.

Sebuah sumber menyebutkan, Dasco meminta DPP PKS untuk mengalihkan dukungan ke Annisa-Leli. Permintaan itu disampaikan Dasco itu melalui video call saat DPP PKS sedang mengadakan rapat majelis Syuro PKS di Kantor DPP PKS, Jakarta, Sabtu 14 September 2024.

Rapat itu membahas soal jatah menteri PKS di Kabinet Presiden terpilih Prabowo. Dasco mengatakan, bila tidak mengalihkan dukungan ke Annisa-Leli, jatah menteri PKS akan menjadi taruhan.

Namun, Dasco membantah kabar itu. Ia mengatakan, tak tahu menahu mengenai Pilkada Dharmasraya.

“Kalau dikaitkan dengan menteri saya mana tahu. Waduh capek deh sama gini-ginian nih. Saya tak tahu soal Dharmasraya soal apaan,” kata Dasco dikutip dari Tempo, Minggu, 15 September 2024.

Pasangan Adi Gunawan – Romi sebelumnya didukung oleh Koalisi NasDem dan PKS. KPU pun telah menerima pendaftaran pasangan tersebut. Anggota Tim Badan Pemenangan Pemilu Dewan Pengurus Wilayah Partai NasDem Sumatera Barat, Pandong Spenra, tak berkenan menanggapi kabar itu.

Ia hanya memastikan, NasDem juga pada akhirnya mendukung pasangan Annisa-Leli karena PKS mengalihkan dukungan.

“Koalisi kami sudah bubar,” kata Pandong, Minggu 15 September 2024.

Pencabutan dukungan PKS tertuang dalam Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat PKS Nomor 897/SKEP/DPP-PKS/2024 tentang Pencabutan Surat Keputusan Dewan Pengurus Pusat Nomor 645.03.02-2/SKEP/DPP-PKS/2024 tertanggal 12 September 2024.

Adapun Koordinator Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri sebelumnya mengaku tidak tahu soal pencabutan SK dukungan dari partainya terhadap Adi-Romi. Dia mengatakan masih mengecek kebenaran surat yang ditandatangani oleh Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al-Habsyi.

“Sudah saya tanya ke Wakil Sekjen Bidang Hukum, belum dijawab,” katanya.

Sebelumnya, pasangan Adi-Romi yang diusung NasDem dan PKS mendaftarkan diri ke KPUD Dharmasraya pada 13 September 2024. Dengan pendaftaran tersebut maka Annisa-Leli yang sempat akan melawan kotak kosong menjadi memiliki pesaing.

Pendaftaran Adi-Romi dilakukan pada masa perpanjangan karena pilkada Dharmasraya berpotensi dihelat melawan kotak kosong usai hanya satu pasangan calon yang mendaftar. Pasangan tersebut adalah Annisa Suci Ramadhani dan Leli Arni.

Annisa Suci Ramadhani sendiri disebut merupakan kerabat dekat presiden Jokowi.

Pasangan Annisa-Leli memperoleh dukungan dari Partai Gerindra; Golkar; PDIP; PKB; Demokrat; PPP; PAN; Hanura dan PKS.

Akan tetapi, karena hanya terdapat satu pasangan calon yang berlaga, KPUD Dharmasraya memperpanjang mas pendaftaram hingga 4, September. Selama masa perpanjangan ini partai politik dapat menarik dukungan, lalu mengusung pasangan calon lain.

Kemudian, PKS mengusung Adi-Romi bersama NasDem. Namun, di akhir DPP PKS menyatakan mencabut SK dukungan tersebut, sehingga dukungan bagi Adi-Romi dinyatakan tidak berlaku.

Trending Topic

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA