Positif Narkoba, Suhartina Bohari Gagal Jadi Cawabub Maros

- Advertisement -

Suhartina Bohari dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai calon Wakil Bupati oleh KPU Maros, Sulawesi Selatan karena positif narkoba.

Awalnya, Suhartina Bohari tetap dipilih oleh Chaidir Syam sebagai pasangan calon bupati-wakil bupati Maros yang akan bertarung di Pilkada 2024.

Namun, belakangan, Suhartina dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dalam pemeriksaan kesehatan, sehingga terpaksa digantikan oleh Muetazim Mansyur.

Berdasarkan keterangan Ketua Pemeriksa Narkotika Pilkada Sulsel 2024 dari BNNP Sulsel, Sudarianto, mengatakan bahwa Suhartina dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) karena positif narkoba.

“Pada pemeriksaan itu langsung menunjukkan hasil positif metamfetamin,” kata Sudarianto.

Ia menjelaskan bahwa BNN Sulsel telah melakukan proses pemeriksaan kesehatan (narkotika) dalam rangka pemilihan calon kepala daerah di Sulawesi Selatan.

“Dari 140 orang cakada yang diperiksa melalui tes urine, satu orang positif. Ia adalah Suhartina Bohari, bakal calon wakil bupati Maros,” jelasnya.

Pemeriksaan dilakukan secara profesional dengan menggunakan rapid test 7 parameter. Tes dilakukan tiga kali, dan pada tes pertama ditemukan hasil positif. Untuk memastikannya, dilakukan tes kedua dan ketiga serta konfirmasi ke laboratorium pusat BNN cabang Makassar. Hasilnya tetap positif.

“Laboratorium BNN ini sangat akurat. Jika yang dikonsumsi adalah obat batuk, hasilnya akan menunjukkan obat batuk, termasuk nama obatnya. Begitu pula jika obat tidur. Namun, pemeriksaan langsung menunjukkan metamfetamin,” ujar Sudarianto.

Pengumuman hasil pemeriksaan kesehatan dan narkoba itu diumumkan oleh KPU Maros pekan lalu. Namun, hasil tes dari BNN Sulsel tersebut dinilai aneh oleh Suhartina.

“Saya langsung tes narkoba di BNN pusat, setelah saya mendengar kabar habis tes narkoba di BNN Sulsel positif. Kebetulan saat itu, saya sedang berada di Jakarta dan hasil pemeriksaan narkoba dari BNN Pusat negatif,” ungkap Suhartina, Jumat (13/9/2024).

Dia menduga ada skenario besar menggugurkan dirinya dalam pencalonan di Pilkada.

Pilkada Maros 2024 hanya satu Paslon yang mendaftar yakni calon petahana Bupati Maros, Chaidir Syam dan petahana Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari.

Mereka  diusung 16 partai politik yakni Golkar, PAN, PDIP, Nasdem, Gelora, Hanura, PPP, PKS, Perindo, Gerindra PBB, PKB, Demokrat, PSI, Partai Buruh dan PKN.

Trending Topic

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA