8 Jenis Menu Makanan Bagi Penderita Diabetes

- Advertisement -

Menu makanan sehari-hari untuk penderita diabetes idealnya terdiri dari makanan tinggi serat, karbohidrat kompleks, dan protein, sekaligus rendah lemak dan gula. Memilih makanan yang bergizi dan tepat sangat penting bagi penderita diabetes agar kadar gula darah tetap stabil sehingga komplikasi tidak terjadi.

Siapa bilang penderita diabetes tidak bisa makan enak? Nyatanya, ada banyak menu makanan sehari-hari yang tak hanya lezat, tetapi juga sehat untuk penderita diabetes, lho. Kunci diet sehat untuk penderita diabetes adalah dengan memperhatikan kandungan kalori di dalam makanan tersebut.

Pada dasarnya, penderita diabetes dilarang untuk mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat karena jumlah kalori dan gulanya cenderung tinggi. Alasannya adalah karena di dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa.

Apabila makanan tinggi karbohidrat yang dikonsumsi terlalu banyak, glukosa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan menumpuk. Hal inilah yang akan menyebabkan kadar gula darah melonjak sehingga tidak baik untuk penderita diabetes.

Daftar Menu Makanan untuk Penderita Diabetes

Sebagai penderita diabetes, kamu tidak boleh asal dalam memilih makanan. Segala asupan yang dikonsumsi perlu diperhatikan dengan baik. Tidak hanya bergizi, makanan untuk penderita diabetes juga harus rendah lemak, rendah kalori, juga rendah gula.

Berikut adalah beragam pilihan makanan sehari-hari untuk penderita diabetes:

1. Roti tawar gandum isi

Roti tawar gandum bisa menjadi pilihan menu makanan sehari-hari untuk penderita diabetes, khususnya untuk sarapan. Roti ini mengandung gandum utuh yang tidak akan membuat gula darah cepat meningkat dibandingkan dengan roti tawar putih.

Kamu bisa menambahkan isian roti tawar gandum dengan telur rebus atau dada ayam tumis. Selanjutnya, tambahkan irisan tomat dan mentimun juga, ya.

Selain sumber serat, mentimun diketahui rendah karbohidrat, sedangkan tomat adalah buah yang tinggi antioksidan. Perpaduan keduanya sangat baik untuk mengurangi kadar gula darah penderita diabetes.

Jika ingin menu makanan yang manis, kamu bisa memadukan roti gandum dengan selai kacang.

2. Sop ayam tanpa lemak

Selain nikmat diolah menjadi roti isi, daging ayam tanpa lemak, khususnya bagian dada, juga enak diolah menjadi sop, lho. Dada ayam tanpa kulit juga termasuk salah satu sumber protein yang baik untuk penderita diabetes.

Agar lebih sehat, menu makanan ini bisa dikreasikan dengan sayuran, seperti jagung, wortel, kembang kol, atau brokoli. Aneka sayuran ini bisa menjadi sumber vitamin, mineral, serat dan antioksidan, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Oatmeal buah

Kalau kamu ingin menu sarapan yang lebih ringan, kamu bisa nih membuat oatmeal buah. Oatmeal terbuat dari gandum utuh yang kaya serat dan mineral. Bagi penderita diabetes, oatmeal bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah dan kolesterol, serta membantu mengendalikan berat badan tetap normal.

Untuk memberikan rasa manis dan segar, kamu bisa menambahkan buah untuk penderita diabetes, seperti pisang, stroberi, kiwi, atau buah naga. Semua buah ini mengandung indeks glikemik rendah yang tidak akan meningkatkan kadar gula darah, kok.

4. Pepes tahu

Menu makanan sehari-hari untuk penderita diabetes selanjutnya adalah pepes tahu. Tahu terbuat dari kacang kedelai yang mengandung isoflavon. Kandungan ini baik untuk penderita diabetes. Selain itu, tahu juga merupakan sumber protein nabati yang rendah lemak, sehingga lebih cocok dikonsumsi oleh pasien diabetes.

5. Nasi goreng

Menu makanan sehari-hari untuk penderita diabetes selanjutnya adalah nasi goreng, nih. Agar menu ini lebih menyehatkan, gunakanlah nasi yang sudah didinginkan di dalam kulkas, bukan yang baru matang, ya. Ini karena indeks glikemik nasi dingin lebih rendah daripada nasi putih baru matang sehingga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah penderita diabetes.

Saat menggoreng, gunakan beberapa tetes minyak zaitun karena lebih aman untuk penderita diabetes. Selain itu, tambahkan pula potongan daging ayam tanpa lemak, telur, serta sayuran yang kamu sukai, seperti sawi, wortel, atau tauge. Selain enak, menu ini juga menyehatkan karena mengandung protein dan serat.

6. Ikan kukus

Kalau kamu pecinta ikan, coba deh menu ikan kukus. Kamu bisa membuat menu ini dengan ikan kerapu, ikan patin, atau ikan tuna.

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk penderita diabetes karena mengandung asam lemak omega-3. Nutrisi ini bisa mencegah peradangan sehingga dapat menurunkan komplikasi akibat penyakit diabetes.

7. Tumis ikan teri daun singkong

Menu makanan sehari-hari untuk penderita diabetes selanjutnya adalah tumis ikan teri daun singkong. Daun singkong diketahui merupakan sayur yang baik untuk diabetes karena mengandung serat dan protein, tetapi rendah kalori dan gula. Mengonsumsi daun ini bermanfaat untuk mengontrol lonjakan gula darah.

Sementara itu, ikan teri tinggi kalsium, asam lemak omega-3, dan vitamin. Mengonsumsi ikan ini juga baik untuk kamu yang punya diabetes, ya. Namun, pastikan ikan teri yang kamu konsumsi adalah ikan teri segar, bukan yang sudah diasinkan.

8. Ubi kukus

Ubi kukus atau rebus merupakan salah satu pilihan makanan yang sehat bagi penderita diabetes. Ini karena ubi kaya akan vitamin, mineral, serat, dan karbohidrat kompleks, tetapi indeks glikemiknya rendah. Oleh karena itu, ubi kukus cocok dijadikan alternatif pengganti nasi putih bagi pasien diabetes.

Itulah beragam pilihan menu makanan sehari-hari untuk penderita diabetes yang bisa kamu konsumsi selang-seling. Selain makanan di atas, kamu juga bisa nih memasukkan biji-bijian dan kacang-kacangan sebagai camilan sehat.

Trending Topic

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA