Festival Muaro Padang Sukses Menarik 350 Ribu Pengunjung dan Menghasilkan Perputaran Uang Rp 1,2 Miliar

Pariwara

- Advertisement -
Festival Muaro Padang Tempo Doeloe resmi ditutup dengan sukses besar. Acara akbar ini, yang dirancang untuk menyambut perantau dan wisatawan, berhasil menarik perhatian dan partisipasi luas.

Acara ini secara resmi ditutup oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa, bersama Wakil Wali Kota Padang, Ekos Albar, di bawah Jembatan Siti Nurbaya pada Minggu (21/4/2024).

Wali Kota Padang, Hendri Septa, menyampaikan bahwa ini adalah tahun kedua penyelenggaraan Festival Muaro sebagai wujud komitmen Pemerintah Kota Padang untuk masyarakat dan perantau. “Sekitar 360 ribu warga turut memeriahkan festival ini. Perputaran uang selama Festival Muaro diperkirakan mencapai Rp 1,2 miliar. Selain itu, tingkat hunian hotel, usaha restoran, dan kafe juga meningkat dengan estimasi tambahan perputaran uang sebesar Rp 6,1 miliar,” jelasnya.

Hendri Septa juga mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, menjadikan perayaan ini sebagai tradisi tahunan yang menghibur dan bermanfaat bagi warga serta perantau, terutama dalam memasuki Bulan Syawal. “Inilah roh dari Festival Muaro ini, menjadikan kawasan Kota Tua dan Sungai Batang Arau bersih, sehingga wisatawan banyak berkunjung. Banyak peninggalan sejarah di kawasan Batang Arau dan Kota Tua yang bisa menjadi edukasi bagi generasi saat ini,” ujarnya.

Ketua Pelaksana, Edi Hasymi, menyebutkan bahwa baik jumlah pengunjung maupun peserta Festival Muaro meningkat. “Antusiasme siswa yang mengikuti parade ‘Fashion Show’ membuktikan kebanggaan mereka terhadap budaya. Secara umum, pelaku bazar juga mengalami peningkatan. Ini menjadi hadiah bagi pengembangan perekonomian dan pariwisata Kota Padang,” tambahnya.

Pada kesempatan ini, penghargaan juga diberikan kepada para pemenang lomba dari berbagai kategori, seperti lomba menggambar, lomba mewarnai, lomba selaju sampan, serta lomba stand UMKM dan kuliner tempo doeloe.

Hadir dalam acara penutupan tersebut, Sekda Andree Algamar, Ketua TP-PKK Ny. Genny Hendri Septa, Ketua DWP Ny. Vanny Andree Algamar, Kepala OPD di lingkungan Pemko Padang, unsur forkopimda, dan sejumlah unsur terkait lainnya.

Trending Topic

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA