KLA Project 2024 Rilis Vinyl Klakustik Double Album, Segini Harganya.

- Advertisement -
KLa Project band Legandaris resmi merilis double album vinyl album live mereka, “KLakustik”, di bawah naungan Pro Sound–pelopor label musik yang membawa genre pop kreatif di Indonesia. Album yang rilis perdana pada tahun 1996 tersebut berisikan 16 lagu terbaik band yang beranggotakan Katon Bagaskara (vokal, gitar), Lilo (vokal, gitar), dan Adi Adrian (piano) tersebut.

Album ini merupakan double album yang secara total berisikan 16 buah lagu dari album terdahulu yang diaransemen menjadi format akustik. Tidak hanya membawakan Kembali lagu-lagu lama KLa Project juga merekam lagu baru yaitu “Gerimis” (KLakustik #1) dan “Salamku Sahabat” (KLakustik #2).

“Banyak sekali permintaan untuk kembali merilis album “KLakustik” dalam bentuk vinyl. Album tersebut juga berisikan lagu-lagu terbaik KLa Project yang dibawakan langsung secara live. Suatu kehormatan bagi kami dapat memberikan yang terbaik untuk para penggemar setia kami lewat rilisan vinyl ini. Semoga “KLakustik” dalam bentuk vinyl bisa memuaskan telinga para penikmat musik dan bernostalgia,” jelas Katon, Lilo, dan Adi saat Konferensi Pers “Launching Vinyl Klakustik” di Cafe kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (3/7/2024).

KLA Project
Foto:Eny

“Suatu kehormatan bagi saya dan Pro Sound untuk merilis “KLakustik” dalam bentuk vinyl. Saat pertama kali mengetahui banyaknya permintaan untuk merilis album ini, kami sangat bahagia dan dengan senang hati mengiyakan. Karena, album ini berisikan karya-karya Kla Project yang sangat disukai banyak orang. Menurut kami, KLa Project layak menghadirkan vinyl dari album “KLakustik” sebagai bukti perjalanan KLa Project di dunia musik sejak dulu,” jelas Adi Nugroho, Produser Pro Sound.

Pada masanya, tidak banyak musisi Indonesia yang berani melakukan live record karena zaman dahulu masih berupa analog–presisinya harus sempurna sebab tidak bisa dilakukan berulang kali. Salah satu yang bisa adalah KLA dengan merekam secara live di Gedung Kesenian Jakarta pada 11 Maret 1966, di mana saat itu dihadiri oleh 400 undangan.

Kemudian, tidak hanya sekadar dirilis secara audio, namun juga menggunakan VCD. Karenanya, proyek Klakustik ini sangat langka dan membanggakan. Bahkan, menjadi salah satu album dengan penjualan terbaik.

KLA Project

Menurut Lilo perkembangan kolektor vinyl di Jakarta yang semakin meningkat. Hal itu pun dinilai menjadi momen yang tepat bagi grup bandnya untuk mengeluarkan rilisan fisik.

“Jadi sekarang ini orang balik ke vinyl dan penggemar vinyl di Jakarta, Indonesia itu konon katanya 5 ribu sampai 10 ribu orang, kolektor. Banyak kolektor teman saya tapi enggak punya lagu Indonesia,” ucapnya.

“Akhirnya kita ngobrol ke Pak Adi Nugroho, ‘Pak bikin vinyl yok’ ini kayaknya bagus marketnya. Marketnya ada juga sekarang makanya itulah kita mau lari ke vinyl,” tambah Lilo.

KLA Project

Adapun, tantangan dalam proses produksinya ialah album ini direkam dengan perangkat akustik. Ady yang biasanya menggunakan synthesizer, di sini hanya menggunakan grand piano. Sementara, Lilo hanya menggunakan gitar akustik, dari yang biasanya menggunakan gitar elektrik.

Pembuatan album ini dilakukan tanpa retake dan proses latihannya memakan waktu selama 2 bulan, yakni sekitar Januari s/d Februari, di mana Ady, Katon, dan Lilo karantina untuk mempersiapkannya sampai benar-benar matang. Menariknya lagi, di tanggal 17 Februari tercipta lagu baru “Gerimis”, bersamaan dengan anaknya Lilo yang baru lahir.

Klakustik yang merupakan proyek dari KLA Project, Prosound, dan ANTV menjadi momentum bersejarah untuk KLA Project dan industri musik dengan dicetak terbatas hanya 1.000 buah.

KLA Project

“Jika suka dengan band-nya, belilah juga albumnya dan belajarlah menjadi kolektor. Pilih band yang kita suka dan koleksi, karena audio dari vinyl itu sangat hangat seakan penyanyinya ada di hadapan kita,” ungkap Katon dimana vinyl merupakan sebuah kemasan yang prestisius.

Double album vinyl “KLakustik” dibanderol seharga Rp888.000, – dan sudah bisa didapatkandi PHR Senayan dan Atlas (EH).

 TRACKLIST

KLakustik 1

Terpuruk Ku Disini

Jumpa Kamu

Gerimis

Lagu Baru

Tentang Kita

Romansa

Terkenang

Meski Tlah Jauh

KLakustik 2

Hey

Waktu Tersisa

Salamku Sahabat

Semoga

Pasir Putih

Belahan Jiwa

Tak Bisa Ke Lain Hati

Yogyakarta

 

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA