Mobil Jokowi Melintasi Jalan Berlubang di Lampung

- Advertisement -
Mobil Jokowi Melintasi Jalan Berlubang di Lampung.

Presiden Jokowi melanjutkan kegiatannya di Lampung dengan meninjau infrastruktur jalan yang rusak dan jalan berlubang. Presiden melewati Ruas jalan pertama yaitu Jalan Terusan Ryacudu, Kabupaten Lampung Selatan.

Kondisi jalan yang rusak cukup memprihatinkan dengan banyaknya lubang dan tergenang air.

Luas jalan memang cukup luas. Namun, kondisi rusaknya yang cukup memprihatinkan membuat mobil yang ditumpangi Jokowi harus berjalan agak lambat. Mobil rombongan Jokowi pun harus sesekali berhenti karena kondisi jalan yang membuat pengemudi harus berhati-hati.

Di sisi lain, kehadiran Presiden di ruas Jalan Terusan Ryacudu disambut antusias oleh masyarakat. Mereka sesekali meneriakkan nama Joko Widodo.

Bahkan, Presiden terlihat sesekali menyapa masyarakat dan memberikan kaus kepada mereka yang menunggu di pinggir jalan.

Sebelumnya, Presiden mengatakan pengecekan jalan penting karena infrastruktur menjadi kunci biaya logistik. Menurutnya, biaya logistik sangat bergantung pada infrastruktur jalan yang baik.

“Ini melihat kita inflasi, lihat harga-harga, tapi juga ingin melihat infrastruktur utamanya jalan. Karena ini menjadi kunci biaya logistik itu sangat bergantung baik tidaknya infrastruktur yang kita miliki,” kata Jokowi dikutip dari kumparan.

Jokowi menegaskan, pemerintah pusat akan membantu daerah yang tidak memiliki anggaran yang memadai untuk perbaikan jalan rusak. Perbaikan jalan pun akan dilakukan secepat mungkin.

“Secepat-cepatnya dimulai. Yang kira provinsi tidak memiliki kemampuan, kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya, akan diambil alih oleh Kementerian PU utamanya yang jalannya rusak parah. Clear,” pungkas Jokowi.

Kondisi jalan di Lampung menjadi sorotan usai TikToker Bima Yudho Saputro mengungkapkan kritiknya lewat konten TikTok. Ia menyebut kondisi jalan di Lampung buruk, infrastruktur yang jauh dari memadai, serta sejumlah proyek yang dia sebut mangkrak.

Usai viral, keluarga Bima di Lampung Timur malah didatangi polisi dan mendapat intimidasi dari Gubernur Lampung. Sempat dilaporkan ke polisi, tapi kasus sudah dihentikan karena tak ada unsur pidana.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga mengakui tinjauan karena video Bima yang viral.

“Gara-gara medsos ramai. Beliau akan cek kebenaran dari policy kebijakan dari pemerintah daerah,” kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/5).

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA