Sandhy Sondoro Kolaborasi Dengan Dwiki Dharmawan Rilis “Gemilang”, Lebih Fresh!

- Advertisement -
Sandhy Sondoro penyanyi sekaligus pencipta lagu, setelah merilis single bertajuk “Tiba-tiba Cinta” pada tahun 2023 lalu kembali hadir dengan karya terbarunya di awal Juni tahun 2024 ini.

Dalam merilis karya terbarunya ini, Sandhy Sondoro berkolaborasi dalam satu proyek musik berjuluk DDSS Project bersama Dwiki Dharmawan seorang komposer terkenal lewat  single berjudul “Gemilang”.

Kolaborasi Dwiki Dharmawan dan Sandhy Sondoro ini terjadi tanpa sengaja. Ide ini muncul ketika Dwiki bertemu dengan Sandhy dan mereka melakukan jamming bersama.

Sandhy Sondoro
Foto: Eny

“Sesuatu yang tidak sengaja terjadi saat sedang asyik, saat sedang kangen-kangenan sama Sandi. Ketemuan, nge-jam, dan Sandi bilang, ‘Asik juga nih.’ Lagu Gemilang sudah 38 tahun, lalu dirilis ulang oleh Andien dan RAN,” Dwiki Dharmawan dalam acara konferensi pers dan peluncuran lagu “Gemilang” di Dehills Kemang, Rabu (12/6/ 2024).

Lagu “Gemilang” yang di nyanyikan Sandhy Sondoro sendiri merupakan lagu karya Dwiki Dharmawan yang liriknya ditulis oleh Mira Lesmana. Lagu “Gemilang” pertama kali dirilis di tahun 1987 dan dibawakan oleh band Krakatau dimana Dwiki Dharmawan menjadi salah satu personilnya. Di kemudian hari, lagu “Gemilang” juga pernah dirilis oleh penyanyi Andien dan grup band RAN.

Meski lagu “Gemilang” pernah dirilis dalam beberapa versi, namun ada yang berbeda dengan versi yang dinyanyikan oleh Sandhy Sondoro ke nuansa yang lebih sederhana namun berkelas.

Sandhy Sondoro
Foto: Eny

“Yang pasti di lagu ini yang punya lagu langsung ikutan. Mungkin anak jaman sekarang gak tahu siapa sih yang bikin lagu “Gemilang”. Nah sekarang ada orangnya langsung yang ikutan.”kata Dwiki Dharmawan.

Suara khas Sandy Sondoro terdengar padu dengan permainan keyboard dari Dwiki Dharmawan menjadikan lagu “Gemilang” versi baru ini seperti karya yang fresh.

“Lagu ini direkam secara live. Awalnya lagi jam session saja di studio sama Dwiki Darmawan tetapi kemudian terpikir kenapa tidak direkam dan dirilis saja sekalian. Jadi waktu itu lagi main ke showroom Melodia, terus yang punya kenapa berpikiri, kenapa gak bikin aja sekalian rekaman dan video sekalian.”kata Sandhy Sondoro.

Sandhy Sondoro
Foto: Eny

“Jadi yang dilihat di video itu adalah langsung ‘one take’ lagu sekalian videonya. Terus ada dimixing sedikit dan dimastering sendiri oleh Mas Dwiki. Mengenai kolaborasi ini rencananya akan berlanjut dengan DDSS (Dwiki Dharmawan – Sandhy Sondoro ).”tambahnya.

Dwiki Dharmawan mengungkapkan alasan mengajak Sandhy Sondoro berkolaborasi di lagu “Gemilang”.

“Saya suka sama suaranya Sandhy. Saya juga suka lagu-lagu karyanya Sandy. Kebetulan waktu itu ketemu, Sandhy juga bilang dia paling suka lagu karya saya yang berjudul “Gemilang”. Dan Sandhy menyanyikan lagu ini chordnya sama persis dengan versi aslinya. Tidak ada yang dirubah. Dan ia membawa sangat soulful, kesederhanaan yang minimalis tapi soulnya ada di vokal Sandhy. Bisa menginterpretasikan lagu itu dengan luar biasa,” kata Dwiki Dharmawan

Dwiki Dharmawan juga menceritakan tentang lagu “Gemilang” yang pertama kali ia ciptakan pada tahun 1985 bersama Mira Lesmana.

“Saya pertama kali menciptakan lagu ini pada tahun 1985 saat masih remaja, masih 17 tahun. Lagu ini menceritakan tentang kegemilangan dan memberi semangat dalam memecahkan masalah jiwa remaja untuk mencapai dunia mereka. Saya rasa lagu ini masih relevan untuk dinyanyikan setiap generasi. Tahun ini menjadi tahun ke-40 saya di industri musik, jadi sekaligus untuk merayakan itu saya akan merilis beberapa single yang berhubungan dengan perjalanan musik saya.”ujar Dwiki Dharmawan.

Lagu “Gemilang” kolaborasi Sandhy Sondoro dan Dwiki Dharwaman sudah bisa didengar di berbagai platform musik digital video musiknya di kanal YouTube. (EH).

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA