Sidang Perdana Kasus Rizieq Shihab akan Dikawal 659 Petugas Kepolisian

- Advertisement -
Sidang perdana kasus dugaan tindak pidana karantina kesehatan yang menjerat Rizieq Shihab akan dikawal secara ketat oleh petugas kepolisian, meskipun sidang tersebut digelar secara virtual.

Sekitar 659 petugas kepolisian telah disiapkan untuk mengamankan sidang Rizieq Shihab tersebut, yang akan digelar pada Selasa (16/03/2021).

Kapolres Jakarta Timur, Kombes Erwin Kurniawan mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan untuk mengawal jalannya sidang Rizieq Shihab. Nantinya, personel gabungan akan berjaga di sekitar Pengadilan Negeri Jakarta Timur lokasi sidang digelar.

“Hari ini persiapan sudah dimatangkan untuk pengawalan sidang, nanti akan kita tempatkan 659 personel. Dari Polda 555 dan dari Polres 104 personel,” ujarnya, Senin (15/03/2021).

Jumlah petugas tersebut, belum termasuk personel dari unsur TNI dari Kodim 0505 Jakarta Timur dan personel Satpol PP Pemkot Jakarta Timur yang ikut membantu pengamanan. Hal ini guna mengantisipasi kedatangan massa simpatisan Rizieq selama jalannya sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

“Dari Kodim dan beberapa pasukan cadangan juga ditempatkan untuk mengantisipasi situasi adanya lonjakan massa simpatisan yang datang ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur,” jelasnya.

Erwin mengatakan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Pengadilan Negeri Jakarta Timur terkait pengamanan sidang tiga perkara yang menjerat Rizieq jadi terdakwa.

Bahkan apel gabungan pun sudah digelar setelah sebelumnya dilakukan rapat kordinasi. “Kami berharap bahwa dalam pelaksanaan sidang siapa pun yang datang kePengadilan Negeri Jakarta Timur tetap harus mengikuti protokol kesehatan,” ungkapnya.

Sebelumnya disampaikan, kuasa hukum Rizieq, Sugito Atmo Prawiro, pihaknya tidak pernah meminta agar simpatisan datang ke persidangan. Namun pihaknya juga tidak bisa melarang agar simpatisan eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) tersebut tidak datang.

“Kalau untuk sidang kami tidak pernah mengundang simpatisan datang, tidak pernah mengumumkan. Tapi intinya, yang mau datang harus mentaati protokol kesehatan dan harus sesuai aturan persidangan,” ungkapnya.

Trending Topic

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA