Iklan
Iklan

Human Rights Watch Rilis 11 Berita HAM Terpopuler Tahun 2023

- Advertisement -

11 berita HAM terpopuler tahun 2023 yang begitu banyak medapat sorotan human rights Watch news. Diawali sejak serangan yang dipimpin Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober dan pemboman militer Israel berikutnya di Jalur Gaza.

Human Rights Watch telah menganalisis bukti untuk mendokumentasikan dan melaporkan pelanggaran serius oleh pasukan Israel dan kelompok-kelompok bersenjata Palestina.

Sepanjang tahun, Human Rights Watch  membahas banyak topik dari seluruh dunia. Dari laporan blockbuster tentang pembunuhan perbatasan Saudi hingga pemberontakan feminis Iran hingga kemunduran dan kemenangan untuk hak-hak LGBT, ini adalah cerita yang paling banyak dibaca di situs HRW tahun ini.

Inilah 11 Berita HAM Terpopuler Tahun 2023 Versi Human Rights Watch

1. Israel Menggunakan Fosfor Putih di Gaza dan Lebanon

Pada bulan Oktober, Human Rights Watch mendokumentasikan penggunaan fosfor putih Israel dalam operasi militer di Gaza dan Lebanon

Penggunaan senjata pembakar di daerah berpenduduk menempatkan warga sipil pada risiko besar.

2. Video Serangan yang Dipimpin Hamas Diverifikasi

Setelah serangan 7 Oktober oleh orang-orang bersenjata pimpinan Hamas, Human Rights Watch memverifikasi empat video yang menunjukkan tiga insiden pembunuhan yang disengaja. Kami telah menyerukan agar serangan itu diselidiki sebagai Kejahatan perang.

3. Pembunuhan Massal Migran di Perbatasan

Saudi-Yaman Sebuah laporan pada bulan Agustus mendokumentasikan bagaimana penjaga perbatasan Saudi telah membunuh setidaknya ratusan migran Ethiopia dan pencari suaka yang mencoba menyeberangi perbatasan Yaman-Saudi antara Maret 2022 dan Juni 2023.

4. Lonjakan Pembunuhan Israel terhadap Anak-anak Palestina di Tepi

Barat Laporan Agustus lainnya melihat pembunuhan pasukan Israel terhadap anak-anak Palestina di Tepi Barat. Pada saat rilis laporan, setidaknya 34 anak telah tewas di West Back sejak awal 2023.

5. Kekejaman oleh Pemberontak yang Didukung Rwanda di Kongo

Sebuah laporan Februari menemukan bahwa kelompok bersenjata M23 yang didukung Rwanda bertanggung jawab atas eksekusi singkat dan perekrutan paksa warga sipil di Republik Demokratik Kongo timur. Pihak-pihak yang bertikai di Kongo telah menempatkan warga sipil di daerah-daerah terpencil di provinsi Kivu Utara pada risiko tinggi.

6. Arab Saudi Menghukum Mati Pria Karena Tweet

Pada bulan Juli, pengadilan Saudi menghukum mati pensiunan guru sekolah Muhammad al-Ghamdi semata-mata karena aktivitas Twitter dan YouTube-nya. Putusan itu menandai eskalasi nyata tindakan keras pemerintah Saudi terhadap kebebasan berekspresi dan perbedaan pendapat damai di negara itu.

7. Krisis Hak Asasi Manusia: Aborsi di Amerika Serikat Setelah Dobbs

Setelah Mahkamah Agung Amerika Serikat membatalkan hak yang dilindungi secara konstitusional untuk mengakses aborsi pada Juni 2022, orang-orang di AS yang bisa hamil menghadapi krisis hak asasi manusia yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hampir satu tahun kemudian, artikel ini mendokumentasikan keadaan darurat yang semakin intensif yang disebabkan oleh keputusan tersebut.

8. Pengadilan Nepal Memerintahkan Pengakuan Pasangan Sesama Jenis

Pada bulan Mei, Mahkamah Agung Nepal menginstruksikan pemerintah untuk mengakui pasangan asing sesama jenis dari warga negara Nepal. Dikatakan bahwa kegagalan untuk mengakui pasangan sesama jenis melanggar konstitusi Nepal dan kewajiban hak asasi manusia internasionalnya.

9. Kematian Warga Sipil Ukraina akibat Munisi Tandan

Sejak invasi skala penuh Rusia ke Ukraina pada Februari 2022, pasukan di kedua belah pihak telah menggunakan munisi tandan yang dilarang dan tidak pandang bulu yang telah merugikan warga sipil dan memiliki kemampuan untuk melakukannya selama bertahun-tahun yang akan datang.

10. Presiden Uganda Menandatangani Undang-Undang

Anti-LGBT yang Represif Pada bulan Mei, presiden Uganda menandatangani undang-undang sebuah RUU regresif yang berpotensi mencakup hukuman mati bagi mereka yang dihukum karena “homoseksualitas yang diperparah.” Undang-undang tersebut melanggar banyak hak dasar.

11. Mengungkap Perlawanan Perjuangan Hak-Hak Perempuan

Perjuangan untuk Hak-Hak Perempuan di Iran Protes publik besar-besaran yang meletus di seluruh Iran pada September 2022 telah ditandai oleh banyak pengamat sebagai pemberontakan feminis pertama di wilayah tersebut. Artikel ini melihat dari dekat bagaimana perjuangan perempuan yang lebih luas untuk persamaan hak di Iran telah berkembang selama bertahun-tahun.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA