Beranda Indeks Top Irjen Ferdy Sambo Minta LPSK Lindungi Istrinya karena Terancam Pemberitaan Media Massa

Irjen Ferdy Sambo Minta LPSK Lindungi Istrinya karena Terancam Pemberitaan Media Massa

Irjen Ferdy Sambo
Irjen Ferdy Sambo meminta istrinya, Putri Candrawathi dilindungi Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) lantaran takut pemberitaan media massa.

Alasan ini disampaikan Irjen Ferdy Sambo kepada tim LPSK pada 13 Juli 2022 di kantor Kadiv Propam Polri, sebelum istrinya resmi mengajukan permohonan perlindungan sebagai korban kasus dugaan pelecehan.

“Pada pertemuan di kantor Kadiv Propam, 13 Juli 2022, ancaman terhadap Pemohon yang dimaksud yaitu pemberitaan media massa,” ujar Wakil Ketua LPSK, Susilaningtias, Senin (15/8/2022).

Dasar takut terhadap pemberitaan media massa ini yang menjadi satu pertimbangan LPSK memutuskan menolak permohonan Putri dalam kasus pelecehan dituduhkan kepada Brigadir J.

Pasalnya berdasar UU Nomor 13 Tahun 2006 yang dimaksud ancaman adalah segala bentuk perbuatan yang menimbulkan akibat, baik langsung maupun tidak langsung.

Sehingga saksi atau korban merasa takut atau dipaksa untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu hal yang berkenaan dengan pemberian kesaksiannya dalam suatu proses peradilan pidana.

“LPSK berpendapat pemberitaan media massa bukan termasuk ancaman. Karena terhadap pemberitaan terdapat hak jawab sebagai mekanisme untuk menanggapi pemberitaan yang tidak benar,” katanya.

Susilaningtias menuturkan berdasar hasil pemeriksaan psikologis, istri Irjen Ferdy Sambo ini memang memiliki potensi risiko keberbahayaan terhadap diri sendiri yang ditandai dengan kondisi psikologis.

Serta post traumatic stress disorder (PTSD), kecemasan dan depresi, namun dampak psikologis tersebut tak diketahui sebabnya karena asesmen Putri Candrawathi tidak memberikan keterangan utuh.

LPSK menyarankan agar Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri mengerahkan psikiatri untuk membantu penanganan medis kepada Putri untuk penguatan mental.

“Agar pulih situasi mentalnya dan dapat memberi keterangan dalam proses hukum terkait (pembunuhan Yosua) yang tengah disidik oleh Bareskrim,” ungkapnya.

Facebook Comments

Artikulli paraprakFakta AKP Rita Yuliana Jadi Simpanan Ferdy Sambo Dibongkar Sahabat
Artikulli tjetërSeorang Kiai Pimpinan Ponpes di Bandung Cabuli 13 Santriwati