Beranda INOVASI Minyak Kelapa Solusi Atasi Kelangkaan Minyak Goreng, Inilah Cara Membuatnya

Minyak Kelapa Solusi Atasi Kelangkaan Minyak Goreng, Inilah Cara Membuatnya

Solusi
Minyak Kelapa bisa menjadi solusi di tengah kondisi polemik minyak goreng yang tak kunjung usai. Selain soal harga, masyarakat kini dihadapkan dengan situasi minyak goreng langka di pasaran. Bahkan di swalayan modern, yang biasanya rak dipenuhi berbagai merek minyak goreng, kini lebih sering kosong.

Sudah waktunya minyak kelapa dijadikan solusi pengganti minyak goreng untuk memasak. Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk menggoreng atau menumis. Bahkan kelebihannya bisa membuat masakan lebih beraroma.

Minyak kelapa memang sejak dari dulu sudah dipakai dan dijadikan solusi oleh nenek moyang kita, tak hanya bisa digunakan untuk pengganti minyak goreng kelapa sawit namun juga dipercaya memiliki efek positif bagi kesehatan mulai dari menghilangkan lemak, menurunkan potensi penyakit jantung dan lainnya.

Minyak kelapa juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan hingga kecantikan di setiap tetesnya. Walaupun minyak ini mudah didapatkan, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri sebagai solusi mengatasi kelangkaan minyak goreng. Apalagi, cara membuat minyak kelapa tidak terlalu sulit, karena bisa dilakukan di rumah.

Minyak kelapa sedang mengalami popularitas dan permintaannya pun meningkat. Para produsen kosmetik hingga kuliner banyak menggunakan minyak kelapa sebagai salah satu solusi untuk bahan produk dagangan mereka.

Solusi

Solusi

Anda bisa membuat minyak kelapa secara mandiri di rumah.

Berikut cara membuat minyak kelapa, sehingga bisa dipraktikkan dan menghemat pengeluaran di rumah:

1. Cara Membuat Minyak Kelapa Tanpa Pemanasan

  • Cara membuat minyak kelapa satu ini akan menghasilkan warna minyak bening dan kerap disebut sebagai virgin coconut oil.
  • Anda cukup menyiapkan daging kelapa tua dan mengikuti langkah pembuatannya sebagai berikut:
  • Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga diberikan air sedikit agar santan keluar lebih banyak).
  • Masukkan santan ke kantong plastik dan diamkan selama satu hingga dua jam, selanjutnya terbentuk dua lapisan yakni santan di atas dan air di bawah.
  • Lubangi bagian bawah plastik agar air terpisah dan terbuang
  • Tuang santan kental ke wadah plastik, tutup rapat, kemudian simpan di suhu ruang yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam Setelah itu, akan terbentuk tiga lapisan yakni minyak kelapa (atas), santan (tengah), air (bawah)
  • Sendok minyak untuk dituang ke wadah yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.
  • Anda juga bisa memasukkan wadah ke kulkas, sehingga bagian atas dari ketiga lapisan tersebut membeku.
  • Ambil bagian beku yang merupakan minyak, lalu ulangi langkah dengan tisu atau kain bersih tersebut. Tetesan minyak dari tisu itulah yang disebut dengan VCO (Virgin Coconut Oil) .

2. Cara Membuat Minyak Kelapa dengan Proses Pemanasan

  • Cara membuat minyak kelapa lainnya adalah dengan memanaskan santan kelapa terlebih dahulu.
  • Adapun langkah yang dapat Anda lakukan sebagai berikut:
  • Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga diberikan air sedikit, agar santan keluar lebih banyak)
  • Masak santan dengan api kecil selama 2-3 jam.
  • Pastikan santan tidak hangus dengan sesekali mengaduknya
  • Setelah santan berubah menjadi kecokelatan dan lebih kental, minyak kelapa mulai muncul di atas santan tersebut
  • Matikan api dan diamkan di suhu ruang Setelah tidak panas, sendok minyak untuk dituang ke wadah yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan
  • Anda juga bisa memasukkan wadah ke kulkas, sehingga bagian atas dari santan tersebut membeku.
  • Ambil bagian beku yang merupakan minyak kelapa, lalu ulangi langkah dengan tisu atau kain bersih tersebut.
  • Cara membuat minyak kelapa dengan memasak santan terlebih dahulu akan menghasilkan minyak yang berwarna kuning.
  • Minyak kelapa ini digadang-gadang memiliki manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.
  • Minyak kelapa buatan sendiri dapat disimpan hingga 8-10 bulan di suhu ruang.
  • Syaratnya, minyak kelapa ini harus ditempatkan pada wadah yang ditutup rapat, sehingga mencegah masuknya bakteri yang dapat merusak kualitas minyak kelapa tersebut.

Manfaat Minyak Kelapa

Solusi
Solusi

Setelah Anda bisa membuat minyak kelapa, maka selanjutnya adalah memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA  Tokocrypto Gelar Survey Temukan 88% Trader Mengakses Platform dari Smartphone

Berikut manfaat-manfaat yang bisa digunakan dari minyak kelapa:

1. Memperbanyak Kadar Jumlah Kolesterol Baik (HDL)

Manfaat minyak kelapa yang pertama, adalah memperbanyak kadar kolesterol baik. Kandungan tersebut muncul dari jumlah trigliserida rantai menengah (MCT) di dalam minyak kelapa.

Aneka senyawa pada minyak kelapa dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Namun, khasiat ini masih dalam proses penelitian dan perlu ditelaah lebih lanjut. Meskipun demikian, sejumlah ahli juga melihat bahwa efek minyak kelapa extra virgin terhadap kolesterol mungkin sama dengan minyak zaitun.

Namun, para ahli masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan ada tidaknya manfaat minyak kelapa dalam meningkatkan HDL.

2. Mengendalikan Stres

Tidak hanya meningkatkan kolesterol baik atau HDL saja, khasiat minyak kelapa lainnya yakni membantu mengelola stres.

Akan tetapi, stres yang dimaksud memiliki kaitan dengan stres pasca melakukan olahraga. Manfaat itu timbul dari sifat antioksidan yang terkandung dalam minyak kelapa.

Sementara itu, stres yang muncul akibat radikal bebas bisa menjadikan minyak kelapa sebagai solusi untuk mengatasinya sebab radikal bebas kemungkinan bisa dilawan dengan antioksidan pada minyak kelapa. Temuan ini dibahas dalam studi hewan pengerat dari Experimental and therapeutic medicine.

Studi awal ini memperlihatkan bahwa ada kemungkinan minyak kelapa murni berkhasiat mengobati beberapa jenis depresi.

3. Menunda Rasa Lapar

Minyak kelapa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang sedang menjalankan diet. Rajin mengonsumsi minyak kelapa, mampu menunda rasa lapar Anda.

Manfaat dalam proses menunda lapar bisa terjadi karena adanya kandungan MCT di dalamnya. Proses kerja MCT ditengarai memiliki hubungan dengan cara tubuh menjalani proses metabolisme lemak.

Walaupun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan, mengingat beberapa studi yang dilaporkan berskala kecil dan dilakukan dalam waktu singkat. Bila manfaat ini bertahan lama, ada kemungkinan bisa membantu menurunkan berat badan.

BACA JUGA  Blibli Tunjuk Bunga Citra Lestari Jadi Brand Ambassador

4. Merawat Kesehatan Kulit

Minyak kelapa tak selalu lekat dengan bahan masakan, namun juga sebagai solusi untuk produk kecantikan.

Beberapa perusahaan produk kecantikan membuat ekstrak minyak kelapa sebagai penawar anti inflamasi dan membantu melindungi, serta merawat kesehatan kulit. Perlu diingat, bahwa khasiat itu hanya berlaku pada produk-produk topikal, alias dipakaikan ke kulit.

Sedangkan penggunaan minyak kelapa untuk memasak, belum terbukti meningkatkan kesehatan kulit. Demikian cara membuat minyak kelapa yang bisa dilakukan di rumah, serta beragam manfaatnya.

Jadikan minyak kelapa sebagai solusi mengatasi kelangkaan minyak goreng.

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakAntrian Panjang Solar di Padang Capai Ratusan Meter
Artikulli tjetërDipergoki Korban, Pelaku Curanmor di Bandar Lampung Diamuk Massa