2 Pemain asal Indonesia Jay Idzes dan Tijjani Reijnder Bakal Duel Malam Ini di Liga Italia

- Advertisement -

Dua pemain asal Indonesia Jay Idzes dan Tijjani Reijnders akan berlaga malam ini di Liga Italia. Jay Idzes akan membela Venezia sementara Tijjani Reijnder akan turun bersama klubnya AC Milan.

Duel dua pemain asal Indonesia ini akan digelar di Stadion San Siro pada Minggu (15/9) Pukul 01:45 WIB. Yang mempertemukan AC Milan vs Venezia di Serie A Italia.

Tijjani Reijnders, merupakan gelandang berdarah Indonesia memilih bermain untuk Timnas Belanda, sedangkan di Venezia ada Jay Idzez saat ini telah membela Timnas Indonesia.

Adanya darah Indonesia di kedua pemain itu sulit dipungkiri, dari wajah keduanya memiliki ciri khas wajah Indonesia.

Tijjani Reijnders yang memiliki nama lengkap Tijjani Martinus Jan Reijnders Lekatompessy. Dia memiliki darah Indonesia karena merupakan keturunan orang Maluku melalui ibunya, Angelina Lekatompessy.

Tijjani lahir di Zwolle, Belanda, pada 23 Juli 1998 dari pasangan Martin Reijnders dan Angelina Lekatompessy. Angelina sendiri merupakan keturunan Ambon, Maluku.

Di mana sang kakek dan nenek buyutnya yakni Etus Lekatompessy dan Mimi Lekatompessy berasal dari Negeri Latuhalat, Nusaniwe, Ambon.

Sebelum bergabung dengan AC Milan, Tijjani Reinjders sendiri sempat menjadi perbincangan karena dia menolak tawaran untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

Bukan tanpa alasan, gelandang itu sedang memiliki karier yang moncer di Belanda, yakni memulai debutnya di tim Oranje pada November 2018.

Ketika Tijjani Reijnders sudah memilih untuk bermain di Timnas Belanda, adik Tijjani, Eliano Reijnders memilih untuk bermain di Timnas Indonesia.

Proses naturalisasinya untuk menjadi penggawa Garuda sedang diproses sehingga diharapkan bulan Oktober mendatang Eliano bisa memperkuat Indonesia saat menghadapi Bahrain dan China di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sedangkan di tim Venezia, Jay Idzes merupakan sosok pemain yang sudah sangat familiar di tanah air.

Dia bahkan sudah menjadi kapten timnas Indonesia, Jay Idzes adalah orang Indonesia pertama dalam sejarah yang bermain di Liga Serie A bersama tim Promosi Venezia.

Pemain yang memiliki nama lengkap Jay Noah Idzes ini lahir di Mierlo, Belanda pada 2 Juni 2000. Jay Idzes merupakan pemain keturunan Indonesia yang lahir di Belanda.

Pada tanggal 28 Desember 2023, Idzes resmi memperoleh kewarganegaraan Indonesia.

Berkebangsaan Belanda, ia memilih untuk mewakili Indonesia sejak 2024, setelah lolos kualifikasi untuk negara tersebut melalui kakek dan nenek dari pihak ibu yang lahir di Indonesia. Ia melakoni debut internasionalnya pada 21 Maret.

Idzes, yang lahir dan dibesarkan di Belanda dari ibu yang berdarah Indonesia, memilih untuk mewakili Indonesia di level Timnas Indonesia.

Kakek dan nenek Jay Idzes lahir di Jakarta dan juga Semarang. Mereka sempat tinggal di Indonesia sekitar 20 tahun hingga akhirnya pindah ke Belanda.

Pada 28 Desember 2023, ia secara resmi diberikan kewarganegaraan Indonesia, sehingga memenuhi syarat untuk bermain untuk bemain di timnas Indonesia.

Pada 7 Maret 2024, Jay Idzes menerima panggilan Tim nasional Indonesia untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024.

Pada 21 Maret 2024, ia melakukan debut internasionalnya untuk Indonesia dalam kemenangan 1-0 melawan Vietnam.

Jay Idzes mencetak gol internasional pertamanya di leg kedua, saat meraih kemenangan tandang 3-0 melawan Vietnam pada 26 Maret 2024.

Peran Jay Idzes di klub Venezia juga sangat kentara. Seperti di Timnas Indonesia, Idzes memiliki peran krusial di lini belakang Venezia.

Jay Idzes adalah salah satu bek andalan Venezia.

Mental petarung tertanam di dalam jiwa Jay Idzes, dia siap membuktikan Venezia bisa bersaing di Serie A. Hal yang sama yang sedang diperjuangkan di timnas Indonesia untuk tampil di Piala Dunia.

Kata-kata Jay Idzes sering kali memompa semangat rekan-rekannya untuk bangkit. Termasuk saat laga Indonesia melawan Australia. Jay Idzes memompa semangat rekan-rekannya.

“Kita layak ada sini, Kita sudah berjuang keras untuk berada di sini, Sekarang kita ada di babak ini, dan kita punya kesempatan emas untuk membuat negara kita diperhitungkan,” kata Jay Idzes memompa semangat Rizky Ridho dan kawan-kawan.

“Jangan lupa, untuk siapa kalian bermain, Pikirkan buat siapa kalian bermain? Untuk keluargamu, untuk negaramu, untuk kebanggaanmu,” kata Jay lagi.

“Ayo Kita keluar dan kalahkan mereka hari ini, Oke!” teriak Jay yang disambut dengan pekikan penuh semangat rekan-rekan lainnya sebelum pertandingan dimulai.

Pidato yang membakar semangat juga disampaikan Jay Idzes di depan suporter timnas setelah laga usai.

Jay sempat berorasi dengan pengeras suara usai laga melawan Australia yang berakhir imbang 0-0, “Kami bermain untuk Kalian,

Kami berusaha membuat Kalian bangga, Tidak ada yang percaya kami, Tapi kami Percaya, Kami yakin,” tegas Jay Idzes kepada suporter Indonesia usai laga melawan Australia.

AC Milan dan Venezia, adalah dua tim yang belum pernah meraih kemenangan dalam tiga laga awal Serie A musim 2024-2025.

Milan yang merupakan tim unggulan berada dalam situasi buruk, di peringkat 14 dengan dengan 2 poin dari hasil dua kali seri dan sekali kalah.

Sedangkan Venezia tim yang promosi sedang berjuang, mereka berada di peringkat 19 dengan 1 poin dari satu kali imbang, dan 2 kali kalah.

AC Milan memiliki ambisi besar untuk meraih kemenangan saat menjamu Venezia.

Trending Topic

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA