Inilah 16 Tim Negara Lolos ke Piala Asia U20, Vietnam Tumbang

- Advertisement -

Daftar 16 tim negara lolos ke Piala Asia U20 yang akan berlangsung di China pada tahun 2025 mendatang sudah dapat dipastikan. Negara Asia Tenggara hanya diwakili oleh Timnas Indonesia dan Thailand.

Dari 16 tim negara lolos ke Piala Asia U20 tersebut merupakan tim terbaik dari 45 negara yang berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Sebanyak 16 tim sudah dipastikan melangkah ke putaran final yang berlangsung di China. Sementara, pesaing Timnas Indonesia yaitu Vietnam harus tersingkir meskipun memetik 3 kemenangan di babak kualifikasi.

Timnas U-20 Vietnam bergabung di Grup A Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 bersama Bhutan, Guam, Bangladesh, dan Suriah.

Pada laga pertama Vietnam yang menjadi tuan rumah Grup A Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, menang telak, 5-0, atas Bhutan.

Kemudian, Vietnam kembali menang dengan skor meyakinkan, yakni 3-0, atas Guam. Kemenangan kembali diraih tim asuhan Hua Hien Vinh itu menang 4-1 atas Bangladesh pada laga ketiga.

Satu-satunya kekalahan dialami Vietnam kala bersua dengan Suriah pada laga terakhir. Miris, kekalahan 0-1 dari Suriah itu membuat Vietnam tak lolos ke Piala Asia U-20 2025.

Pasalnya, Vietnam tergabung di Grup A yang berisi 5 tim. Di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 ini ada 5 grup yang berisi 5 tim, dari Grup A sampai Grup E.

Sesuai regulasi, grup yang memiliki peserta paling banyak, harus menghapus 1 laga untuk menyamai jumlah pertandingan Grup F hingga Grup J yang diisi 4 tim.

Nah, pertandingan yang dihapus adalah laga melawan masing-masing juru kunci grup. Artinya, hasil pertandingan setiap tim melawan juru kunci tak masuk hitungan.

Dalam kasus Vietnam, juru kunci Grup A dihuni oleh Bhutan. Walhasil, kemenangan telak 5-0 Vietnam atas tim tersebut harus dihapuskan.

Penghapusan itu membuat Vietnam hanya mencatat 6 poin hasil dari 2 kemenangan dan 1 kali kalah dalam klasemen akhir Grup A.

Vietnam yang menjadi runner-up Grup A di bawah Suriah, diadu dengan tim peringkat kedua dari grup lainnya.

Mirisnya, Vietnam ada di posisi keenam dalam klasemen runner-up terbaik, atau 1 setrip di bawah batas maksimal 5 tim yang mendapat tiket lolos ke Piala Asia U-20.

Vietnam kalah selisih gol dari Thailand dan Yordania yang sama-sama menjadi runner-up dengan 6 poin.

Berikut daftar 16 tim negara lolos ke Piala Asia U20 2025.

Selain China yang berstatus sebagai tuan rumah, sebanyak 15 kontestan lain dalam Piala Asia U-20 2025 harus ditentukan melalui babak kualifikasi yang dibagi ke dalam 10 grup dan berlangsung sejak 21 September hingga 29 September.

Grup A hingga Grup E yang berisi lima negara kick off lebih dulu pada 21 September, sementara persaingan Grup F hingga Grup J baru dimulai pada 25 September.

Dari 10 grup, seluruh juara grup dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2025 di China. Sementara hanya ada lima runner up grup terbaik yang akan turut berlaga di Negeri Tirai Bambu tahun depan.

Suriah menjadi pemuncak klasemen Grup A sehingga berhak lolos ke China. Sementara Vietnam yang menempati peringkat kedua Grup A kalah dalam persaingan menjadi runner up terbaik

Dari Grup B juga hanya sang pemimpin klasemen yang lolos, yakni Uzbekistan. Kamboja yang jadi runner up tidak masuk dalam kategori runner up terbaik.

Serupa yang terjadi di Grup C, Korea Selatan melaju sendiri ke China tanpa pendamping. Uni Emirat Arab yang finis di posisi kedua kalah saing dalam klasemen runner up terbaik.

Dari Grup D muncul dua kontestan yang akan berlaga di Piala Asia U-20 2025 yakni Arab Saudi sebagai juara grup dan Australia yang masuk menjadi salah satu dari lima runner up terbaik.

Kejutan dibuat Korea Utara yang tampil sebagai juara Grup E, padahal sebelumnya pada undian kualifikasi tim muda Korut hanya ditempatkan di pot 5 atau kumpulan negara paling bawah bersama dengan negara-negara seperti Nepal, Guam, Kepulauan Mariana Utara, dan Makau.

Korut menjadi satu-satunya negara yang lolos dari Grup E. Oman yang ada di peringkat kedua tak bisa bersaing dalam kompetisi runner up terbaik. Sementara wakil Asia Tenggara Malaysia hanya berada di peringkat keempat.

Grup F menjadi negara yang juga mengirimkan dua wakil, yakni Indonesia sebagai juara grup dan Yaman sebagai runner up. Tim Garuda Nusantara menduduki posisi teratas lantaran unggul selisih gol atas Yaman. Kedua kubu sama-sama mengemas tujuh poin hasil dari dua kali menang dan sekali imbang.

Dari persaingan Grup G, hanya Iran yang berhak melangkah ke China. India yang tampil sebagai runner up tak berkutik di klasemen runner up terbaik.

Irak dan Thailand lolos dari persaingan Grup H. Irak berstatus sebagai juara grup, dan Thailand mengisi posisi runner up. Tim muda Gajah Perang bisa menjadi salah satu runner up terbaik berkat selisih gol yang cukup mencolok yakni 18-1.

Dua negara dari Grup I juga lolos bersama. Jepang tampil sebagai juara grup dan Kirgizstan menjadi runner up terbaik. Kedua negara mengumpulkan tujuh poin, yang menjadi pembeda adalah selisih gol yang dibukukan tim junior Samurai Biru lebih baik dibanding Kirgizstan.

Dari Grup J juga meloloskan dua negara. Qatar tampil sebagai juara grup dengan poin sempurna sembilan yang berasal dari tiga kemenangan. Sedangkan Jordania bisa masuk menjadi salah satu runner up terbaik berkat selisih gol yang cukup signifikan yakni 11-3.

Daftar 16 Tim Negara Lolos Piala Asia U20 2025:

  1. China (tuan rumah)
  2. Suriah (juara Grup A Kualifikasi Piala Asia U-20 2025)
  3. Uzbekistan (juara Grup B Kualifikasi Piala Asia U-20 2025)
  4. Korea Selatan (juara Grup C Kualifikasi Piala Asia U-20 2025)
  5. Arab Saudi (juara Grup D Kualifikasi Piala Asia U-20 2025)
  6. Korea Utara (juara Grup E Kualifikasi Piala Asia U-20 2025)
  7. Indonesia (juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025)
  8. Iran (juara Grup G Kualifikasi Piala Asia U-20 2025)
  9. Irak (juara Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2025)
  10. Jepang (juara Grup I Kualifikasi Piala Asia U-20 2025)
  11. Qatar (juara Grup J Kualifikasi Piala Asia U-20 2025)
  12. Yaman (runner up terbaik pertama)
  13. Kirgizstan (runner up terbaik kedua)
  14. Australia (runner up terbaik ketiga)
  15. Thailand (runner up terbaik keempat)
  16. Jordania (runner up terbaik kelima)

Trending Topic

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA