Beranda BUDAYA & PARIWISATA Napak Tilas 120 Tahun Bung Hatta, Mahasiswa KKN UNAND Melebur dengan Masyarakat

Napak Tilas 120 Tahun Bung Hatta, Mahasiswa KKN UNAND Melebur dengan Masyarakat

napak tilas 120 tahun bung hatta
Salah satu lokasi KKN mahasiswa Universitas Andalas Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam menjadi lokasi acara puncak Napak Tilas 120 Tahun Bung Hatta yang dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2022. 24 orang mahasiswa UNAND yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di nagari Batu Palano melebur dengan masyarakat dalam rangka menyukseskan acara Napak Tilas 120 Tahun Bung Hatta.

IMG 5206

Mahasiswa KKN UNAND bersama Pokdarwis dan aparatur nagari Batu Palano berkolaborasi dalam acara Napak Tilas 120 Tahun Bung Hatta. Sebagaimana yang diketahui nagari Batu Palano menjadi tuan rumah Etape II Napak Tilas 120 Tahun Bung Hatta.  Mulai dari persiapan sampai hari-H, mahasiswa KKN UNAND bersama Pokdarwis dan aparat nagari saling berkolaborasi mulai dari gotong royong membersihkan pesanggrahan Bung Hatta, jalan yang akan dilewati peserta dan tamu, serta lapangan Batu Palano yang menjadi tempat pelepasan peserta etape II yang dilakukan oleh Bupati Agam, Andri Warman.

IMG 2031

“Napak Tilas 120 Tahun Bung Hatta ini, bukan hanya sebagai peringatan tentang memorial Bung Hatta tetapi juga sebagai upaya untuk memperkenalkan Sang Proklamator dalam rangka membangkitkan kembali nilai-nilai semangat ke-Bung Hatta-an pada semua kalangan terutama generasi muda”, ujar Erman, Wali Nagari Batu Palano.

IMG 4979

Napak Tilas 120 Tahun Bung Hatta ini memberikan informasi kepada masyarakat tentang perjalanan hidup dari sang Proklamator. Lokasi pesanggrahan Bung Hatta yang masih menyisakan reruntuhan berupa cerobong asap dan beberapa bagian dalam bangunan  menjadi saksi sejarah perjalanan hidup beliau. Bangunan tersebut sempat menjadi tempat peristirahatan Bung Hatta dan lokasi beliau merenung memikirkan bangsa Indonesia.

IMG 2214

Acara ini meninggalkan pesan moral kepada semua kalangan agar tetap meneladani nilai-nilai semangat sang Proklamator seperti jiwa solidaritas dan kesetiakawanannya, Pro Patria dan Primus Patrialis yang artinya bahwa beliau selalu mencintai dan mendahulukan kepentingan Tanah Air Indonesia, jiwa toleransi atau tenggang rasanya, dan jiwa tanpa pamrih serta bertanggungjawabnya. Kelima nilai semangat inilah yang patut diteladani dan dicontoh oleh semua kalangan.

Facebook Comments

Artikulli paraprakPenyanyi Yowha, 2022 Daur Ulang Lagu Bertajuk ‘Oh, You.’
Artikulli tjetër7 Pemain Judi Online Ditangkap di Baso