Iklan
Iklan

Ilham Habibie Bergabung dengan Ayoconnect sebagai Komisaris

- Advertisement -
Ayoconnect mengumumkan penunjukkan tokoh technopreneur Indonesia Ilham Habibie sebagai komisaris di perusahaannya.

Sebelumnya, Ilham Habibie menjabat sebagai Penasihat Strategis Ayoconnect sejak Agustus 2020, hingga kemudian bergabung dengan jajaran investor dalam putaran pra-seri B Ayoconnect yang berlangsung di bulan September.

Ayoconnect, yang mulai beroperasi pada tahun 2016, baru-baru ini berhasil mengumpulkan investasi sebesar US$10 juta pada putaran pendanaan terakhirnya, dengan total investasi ekuitas sebesar US$15 juta yang berhasil dicapainya pada tahun lalu.

Perusahaan ini memiliki visi untuk mendemokratisasikan konsep Open Finance di Indonesia dengan menyediakan berbagai produk white-label finansial pada platform Application Programming Interface (API) yang mereka miliki.

Lewat teknologi yang mereka miliki, Ayoconnect bekerja untuk memfasilitasi interoperabilitas dan kolaborasi yang lebih besar antar lembaga keuangan di Indonesia.

Ayoconnect bertujuan membantu lembaga-lembaga tersebut membuka kanal pendapatan baru lewat diluncurkannya produk-produk yang dapat melayani kebutuhan pelanggan yang masih belum terpenuhi hingga saat ini.

Penunjukan Ilham Habibie menghadirkan sosok yang telah terlibat secara mendalam dalam lanskap TIK dan finance di Indonesia. Sebelum menjabat di Ayoconnect, Ilham telah mengepalai Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (WANTIKNAS) sebagai Ketua Tim Pelaksana sejak tahun 2014.

Beliau juga berperan aktif sebagai Komisaris Utama Bank Muamalat, Bank Syariah (Syariah) pertama di Indonesia, sembari menjabat sebagai ketua, pendiri, sekaligus pemegang saham PT. ILTHABI Rekatama, sebuah perusahaan investasi swasta di Indonesia.

Ilham Habibie juga aktif terlibat dalam berbagai organisasi yang fokus pada riset dan teknologi di Indonesia, antara lain Badan Riset dan Teknologi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (WANTIKNAS), membuatnya siap menjadi aset berharga bagi Ayoconnect dalam mempercepat inklusi keuangan di pasar Indonesia.

“Bergabungnya Ilham Habibie sebagai komisaris di Ayoconnect akan mengakselerasi peran Ayoconnect dalam membangun masa depan ekosistem digital Indonesia,” ungkap CEO Ayoconnect Jakob Rost.

Jakob melanjutkan, “Ilham Habibie adalah sosok visioner yang telah berhasil mendorong inovasi dan mendorong kolaborasi yang bermakna antara berbagai organisasi. Dengan bergabungnya Ilham, kami juga berharap dapat memperoleh lebih banyak kemitraan dengan berbagai badan usaha milik negara dan lembaga keuangan serta berkolaborasi dengan komunitas entrepreneur yang lebih luas di Indonesia.”

Menurut Jakob, penunjukan Ilham sebagai komisaris bertepatan dengan upaya Ayoconnect untuk memperluas jejak API-nya ke ranah Open Finance dan Open Government. Saat ini, Ayoconnect telah melayani lebih dari 1.000 perusahaan di Indonesia, termasuk penyedia layanan keuangan, perusahaan teknologi, dan perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia lainnya.

Platform API Ayoconnect memproses lebih dari 300 juta hit API setiap tahunnya dan mengalami peningkatan 600% dalam jumlah transaksi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Saya kian terkesan dengan kiprah Ayoconnect untuk mendorong kemajuan dan dampak di lanskap fintech Indonesia,” kata Ilham. “Saya sangat senang bisa bergabung dengan tim Ayoconnect dan turut berkontribusi mendorong inklusi keuangan di Indonesia. Kami memiliki tujuan untuk memberikan solusi inovatif untuk perusahaan berbagai skala, dengan cara menghadirkan teknologi untuk melayani pelanggan mereka, termasuk mereka yang hingga kini masih belum dapat terjangkau oleh lembaga keuangan konvensional.”

Inklusi finansial dan digital adalah tantangan besar yang dialami jutaan masyarakat Indonesia. Pada tahun 2021, jumlah penduduk Indonesia yang masih belum memiliki rekening bank diperkirakan masih mencapai 66% dari total 275 juta penduduk, menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk tanpa rekening bank tertinggi di dunia.

Namun, pemerintah terus membuka pintu bagi pendatang baru fintech seperti Ayoconnect untuk merevolusi sistem melalui pendekatan akar rumput. Indonesia saat ini telah menjadi rumah bagi 20% dari semua perusahaan fintech di blok Asia Tenggara dan diprediksikan menjadi salah satu ekosistem fintech global terbesar dalam lima tahun ke depan.

Rekam jejak Ilham yang mengesankan dalam industri teknologi di Indonesia akan mempercepat proses ekspansi Ayoconnect ke ranah Open Finance dan Open Government secara signifikan.
  • Ilham Habibie adalah seorang profesional berpengalaman di bidang TIK dan finance di Indonesia. Ia memimpin Dewan TIK Nasional dan Badan Riset dan Teknologi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).
  • Beliau juga menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Muamalat dan memegang peran penasihat di berbagai organisasi yang fokus pada riset dan teknologi di Indonesia.
  • Peran strategis Ilham di Ayoconnect diharapkan dapat membantu mempercepat laju adopsi perusahaan melalui berbagai kolaborasi dengan badan usaha milik negara, berikut komunitas pengusaha di Indonesia.
  • Berhasil meraih dana segar sebesar US$10 juta dalam investasi ekuitas tahun lalu, Ayoconnect adalah platform API terbesar di Indonesia yang melayani lebih dari 100 perusahaan Indonesia sebagai klien dan menghubungkan lebih dari 1.000 institusi melalui jaringan API-nya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA