Iklan
Iklan

Di RSUD Daya Makassar Jenazah Pasien COVID-19 Membusuk, Tingkat Kematian Cukup Tinggi

- Advertisement -
Jenazah pasien positif COVID-19 di RSUD Daya Makassar membusuk karena tertahan hingga 24 jam.  Satgas COVID-19 Sulsel, yang menangani penjemputan dan pemakaman jenazah, mengatakan timnya kewalahan.

“Tim Satgas COVID-19 Provinsi kewalahan karena harus melayani tujuh rumah sakit milik Pemprov Sulsel, ditambah rumah sakit swasta yang ada di Makassar,” ujar Koordinator Posko Satgas COVID-19 Sulsel, dr Arman Bausat, Selasa (27/7/2021).

Arman juga mengatakan timnya sudah bekerja secara maksimal. Namun, tingkat kematian akibat COVID-19 belakangan ini cukup tinggi.

Dia juga menjelaskan soal peristiwa jenazah COVID-19 tertahan selama 24 jam di RSUD Daya Makassar pada Sabtu (24/7) lalu. Dia mengatakan tim Satgas COVID-19 Sulsel tengah mengurus 21 jenazah pasien COVID-19 di waktu yang sama.

“Satu jenazah itu butuh waktu sekitar 2 jam dan hari ini, kami mengurus sembilan kematian,” ungkapnya.

Arman mengatakan pihaknya butuh bantuan dari Satgas COVID-19 Makasar untuk pemulasaraan dan pemakaman jenazah pasien COVID-19 yang berada di bawah naungan Pemkot. Salah satunya RSUD Daya Makassar.

“Saya sudah berkoordinasi sebelumnya dengan Wali Kota Makassar. Pemkot menyediakan tiga mobil ambulans jenazah, khusus untuk mengantar jenazah dari rumah sakit milik pemerintah kota, dan mengantar jenazah warga Kota Makassar yang meninggal di rumah,” ujarnya.

Arman mengatakan, peran Satgas COVID-19 provinsi sebenarnya hanya membantu bila diperlukan. Tetapi selama ini, satgas provinsi menjalani peran utama tanpa bantuan pemerintah kota.

“Kami sudah melakukan semaksimal mungkin. Tapi dengan meningkatnya kasus kematian belakangan ini, tentu butuh dukungan Pemkot Makassar. Apalagi kan sudah dikoordinasikan sebelumnya,” jelasnya.

Direktur Utama RSUD Daya Makassar dr Ardin Sani mengeluhkan lambannya proses penjemputan jenazah pasien COVID-19 oleh Satgas COVID-19 Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Akibatnya, jenazah bisa tertahan 24 jam hingga mengeluarkan bau busuk.

“Kami melakukan pemulasaraan (jenazah) lapor ke Satgas Provinsi Sulsel dan dijemputnya malam Selasa sekitar jam 1 (malam) dijemput dan ini sudah 24 jam di pemulasaraan,” kata Ardin Sani, Selasa (27/7).

“Akhirnya mayat sudah mengalami bau dan kami pihak RS berharap supaya kami RS ketika sudah dilakukan pemulasaraan cepat dilakukan proses penjemputan untuk penguburan,” imbuhnya.

Ardin juga menjelaskan, pada Sabtu (24/7) lalu, ada tiga jenazah yang ditangani. Dua di antaranya orang yang meninggal saat isolasi mandiri di rumahnya. Pihak RSUD Daya Makassar kemudian diberi tanggung jawab melakukan pemulasaraan jenazah.

“Seharusnya setelah melewati proses pemulasaraan, jenazah segera dijemput untuk dimakamkan. Namun sayang, jenazah baru dijemput Minggu dini hari sekitar pukul 03.00 Wita,” jelasnya.

Sementara itu, ada satu jenazah yang meninggal di RS Daya pada Senin (26/7) kemudian dilakukan proses pemulasaraan. Namun jenazah baru dijemput Satgas COVID-19 Sulsel pada Selasa pukul 01.00 Wita.

“Kami beberapa menghubungi media center Satgas COVID, namun kita disuruh bersabar. Karena disebutkan mereka sangat sibuk. Jenazah yang di RS Daya masuk dalam antrean 32 dari 52 jenazah yang ditangani,” ungkap Ardin.

 

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA