Iklan
Iklan

Kesemutan di Jari Tangan? Ini 5 Cara Mengatasinya

- Advertisement -

Cara menghilangkan kesemutan di jari tangan bisa dilakukan dengan langkah sederhana. Meski umumnya bukan keluhan yang berbahaya, kesemutan di jari tangan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Inilah alasan mengapa langkah penanganannya perlu dilakukan.

Kesemutan di jari tangan akan menimbulkan kebas disertai nyeri seperti tertusuk jarum. Kondisi ini umumnya terjadi dalam waktu singkat, tetapi pada beberapa kasus, kondisi ini juga bisa berlangsung selama beberapa menit bahkan kambuhan. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara menghilangkan kesemutan di jari tangan yang dapat Anda lakukan.

Cara Menghilangkan Kesemutan di Jari Tangan

Kesemutan yang berlangsung sementara dapat disebabkan oleh adanya penekanan pada saraf jari tangan, misalnya karena jari tertindih saat tidur. Sementara itu, kesemutan yang berkepanjangan atau sering kambuh bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu, di antaranya carpal tunnel syndrome (CTS), diabetes, atau rheumatoid arthritis.

Penanganan jari tangan kesemutan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Namun, secara umum ada beberapa cara menghilangkan kesemutan di jari tangan dapat Anda lakukan, yaitu:

1. Goyangkan jari tangan

Cara menghilangkan kesemutan di jari tangan adalah dengan menggoyangkan atau menggerak-gerakkan tangan secara perlahan. Mengoyangkan tangan dapat meredakan tekanan pada saraf dan membuat aliran darah kembali lancar sehingga jari-jari tangan yang kesemutan teratasi.

2. Lakukan peregangan jari tangan

Peregangan jari bisa menjadi cara menghilangkan kesemutan di jari tangan. Caranya, rentangkan jari-jari tangan selebar mungkin dan tahan pada posisi ini selama 10 detik. Setelah itu, kepalkan jari tangan dan gerakkan pergelangan tangan searah dengan jarum jam selama 10 kali dan lakukan ke arah sebaliknya.

Cara ini dapat mengurangi ketegangan otot jari sekaligus tekanan pada saraf di jari-jari dan pergelangan tangan.

3. Istirahatkan jari tangan

Kesemutan di jari tangan yang dipicu oleh CTS bisa diredakan dengan mengistirahatkan tangan sementara waktu. Keluhan ini dapat muncul ketika sedang melakukan gerakan berulang, seperti mengetik atau memainkan alat musik. Setelah itu, lakukan peregangan tangan untuk melancarkan aliran darah ke tangan.

4. Berikan kompres hangat

Kompres hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke jari tangan sehingga rasa nyeri tertusuk akibat kesemutan dapat mereda. Cara melakukannya adalah cukup dengan rendam handuk bersih ke dalam mangkuk yang berisi air hangat, lalu kompreskan pada jari tangan selama beberapa menit sampai rasa tidak nyamannya mereda.

5. Pijat jari tangan

Pijat bisa menjadi cara menghilangkan kesemutan di jari tangan. Memijat jari tangan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan merangsang sistem saraf, sehingga sensasi kesemutan dapat mereda.

Setelah melakukan cara menghilangkan kesemutan di jari tangan, keluhan ini umumnya dapat mereda dan jari tangan terasa lebih nyaman. Selain melakukan cara di atas, Anda juga bisa menerapkan langkah-langkah berikut guna mencegah munculnya kesemutan di jari tangan:

  • Sering-seringlah mengubah posisi tubuh secara berkala dan hindari menekan atau berada dalam posisi yang dapat membebani jari tangan terlalu lama.
  • Beri jeda untuk beristirahat setiap 15 menit sekali ketika melakukan gerakan yang berulang, termasuk mengetik.
  • Gunakan bantalan ketika menggunakan mouse dan sesuaikan posisi keyboard senyaman mungkin.
  • Minum teh jahe untuk meningkatkan sirkulasi darah, sekaligus merangsang sistem saraf.
  • Konsumsi makanan yang kaya vitamin B3, vitamin B12, dan vitamin E, untuk menjaga kesehatan sistem saraf, termasuk saraf pada jari tangan.

Jika kesemutan di jari tangan hingga mengganggu aktivitas, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas. Anda juga dapat mengonsumsi obat kesemutan yang mengandung vitamin vitamin B1, B6, dan B12, untuk menjaga kesehatan sistem saraf, termasuk mencegah kesemutan pada jari tangan.

Namun, sebelum mengonsumsi obat tersebut, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan obat yang dikonsumsi sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Di samping itu, jika telah melakukan cara menghilangkan kesemutan di jari tangan seperti yang disebutkan sebelumnya, tetapi keluhan tak kunjung membaik atau Anda mencurigai kesemutan disebabkan oleh kondisi medis tertentu, sebaiknya periksakan diri ke dokter guna mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA