Iklan
Iklan

Tentang Profesi Baker Si Pembuat Roti

- Advertisement -
Apakah kamu familier dengan sebuah profesi bernama baker? Yup! Dialah si pembuat roti. Tapi apakah baker hanya membuat roti? Tentu saja tidak. Secara lebih detail, baker adalah profesi yang memiliki keahlian dalam mencampur dan memanggang bahan, menghias, sampai kepada menyajikan kue seperti roti, cookies, pie, atau makanan yang dipanggang lainnya. Profesi ini biasanya bekerja di toko roti, restoran, hotel, dan bisnis yang terkait dengan roti.

Pastry dan baker memiliki kemiripan, tetapi bakery merupakan bagian dari pastry yang bertanggung jawab pada pembuatan roti-rotian, danish, croissant dan produk-produk lain. Sementara itu baker dan pastry sama-sama membuat makanan penutup. Di sebagian restoran atau toko, seorang individu melayani dalam kedua peran tersebut. Di lingkungan lain, ada perbedaan antara dua posisi, yang dimana baker membuat roti, roti gulung, dan muffin, sementara pastry membuat makanan penutup, seperti kue, pie, kue tar, dan kue. Bahkan ketika baker dan pastry bekerja di tempat yang sama, mungkin ada tumpang tindih.

gettyimages 639897672 2000 934de272fa7c42f5ba0516978022e05c

Jika kamu berminat sebagai pembuat roti professional. Yuk pahami dulu kualitas Dan keahlian yang harus di miliki di antaranya sebagai berikut:

  1. Dedikasi yang tinggi

Seorang sipembuat roti dituntut untuk memiliki dedikasi yang tinggi dalam pekerjaannya, yaitu berpegang teguh pada pekerjaannya, bertanggung jawab, memahami seluk-beluk setiap aspek pekerjaan, dan selalu berkeinginan untuk menghasilkan produk dengan kualitas terbaik bagi rekan kerja, atasan, dan juga pelanggan. Dedikasi yang tinggi akan memudahkan seseorang untuk mau mencoba berbagai resep dan menu baru, memperbaiki cara bekerja (proses kerja), dan memiliki daya juang dalam bekerja dengan jadwal yang padat dan panjang.

  1. Kuat Fisik dan Mental

Seorang pembuat roti profesional harus memiliki kemauan kerja yang kuat, baik secara mental maupun secara fisik. Alasannya, industri food service, baik di hotel, bakery, maupun kafe memiliki tuntutan kerja fisik yang panjang (lembur) dan juga tekanan untuk bekerja dengan cepat.

  1. Perhatian yang lebih

Seorang baker dituntut untuk memiliki perhatian yang ekstra untuk hal-hal detail. Sebut saja ketika memeriksa kualitas bahan kue, mengamati warna dan status produk yang dipanggang, menerapkan glasir, lapisan gula, atau topping lainnya, dan masih banyak contoh-contoh lainnya. Sehingga apa yang mereka kerjakan, hasilnya akan sesuai dengan standar yang ditetapkan. dan produk yang dihasilkan pun akan semakin terlihat indah di mata para konsumennya.

  1. Kreativitas

Tentu saja dalam menghasilkan produk yang selalu menarik untuk konsumen, pembuat roti dituntut untuk memiliki tingkat kreativitas yang tinggi. Tingkat kreativitas yang tinggi ini akan sangat membantu pembuat roti untuk menciptakan atau mengembangkan produk baru. Sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli produk yang telah baker hasilkan.

Becoming a baker 3

  1. Kerjasama tim

Kemampuan untuk dapat bekerjasama di dalam sebuah tim merupakan suatu keahlian yang harus dimiliki oleh baker. Karena pembuat roti dituntut untuk bekerja dengan cepat dan lama, sehingga kerjasama tim diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan tingkat efisiensi yang tinggi. Bayangkan saja jika kamu tidak bisa bekerjasama, tentunya hal tersebut akan menghambat alur pekerjaan yang nantinya akan berdampak pada profit tempatmu bekerja.

  1. Kemauan untuk selalu belajar

Dunia bakery merupakan dunia yang sangat dinamis dan selalu berhadapan dengan hal-hal yang baru. Etika tertinggi dalam dunia kerja ini adalah memiliki komitmen untuk selalu belajar dan tidak ada kata berhenti dalam belajar (long life learning).

Diperlukan keahlian sebelum memulai karir sebagai pembuat roti,. Walaupun begitu, saat ini profesi pembuat roti banyak diminati dan sangat menjanjikan, lho. Dengan skill yang dimiliki, kamu bisa bekerja di berbagai bidang kuliner penutup hingga membuka usaha bisnis sendiri.

– (Dhita Aulia Tri Andini- Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Andalas)

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA