Iklan
Iklan

Waspada! Penderita Bronkitis Harus Menghindari 5 Jenis Makanan Ini

- Advertisement -
Ada beberapa jenis makanan yang dilarang untuk penderita bronkitis. Jenis makanan tersebut bisa memperburuk keluhan yang muncul akibat bronkitis dan menghambat proses penyembuhan.

Bronkitis ditandai dengan batuk berdahak yang disertai demam, nyeri dada, bahkan sesak napas. Kondisi ini terjadi akibat peradangan pada saluran pernapasan, khususnya bronkus, yang umumnya disebabkan oleh virus, bakteri, atau paparan polusi udara.

Ada beberapa cara untuk mencegah gejala bronkitis makin memburuk, seperti mengonsumsi obat batuk dan menggunakan alat pembersih udara. Tidak hanya itu, asupan makanan juga perlu diperhatikan, sebab terdapat beberapa jenis makanan yang dilarang untuk penderita bronkitis.

Beragam Makanan yang Dilarang untuk Penderita Bronkitis

Salah satu makanan yang dilarang untuk penderita bronkitis adalah makanan yang digoreng, karena bisa menyebabkan batuk makin parah. Tidak hanya gorengan, ada pula beberapa makanan yang dilarang untuk penderita bronkitis lainnya, seperti:

1. Garam

Makanan yang mengandung tinggi garam sebaiknya dihindari saat menderita bronkitis. Meski dapat memperkaya cita rasa, kadar garam yang tinggi pada makanan bisa menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh, termasuk organ pernapasan, sehingga memperburuk keluhan sesak napas akibat bronkitis.

2. Daging olahan

Daging olahan biasanya mengandung pengawet nitrit yang berfungsi sebagai penambah warna dan cita rasa. Namun, nitrit diduga dapat merusak jaringan pada paru-paru dan memperburuk gejala bronkitis, seperti sesak napas. Beberapa jenis daging olahan yang sebaiknya dihindari, misalnya sosis.

3. Cokelat

Makanan yang dilarang untuk penderita bronkitis selanjutnya adalah makanan yang mengandung kafein, salah satunya cokelat. Kandungan kafein dalam cokelat bisa memicu asam lambung naik, yang dapat memperburuk gejala bronkitis, seperti batuk, nyeri dada, dan sesak napas.

4. Produk olahan susu

Beberapa produk olahan susu, termasuk keju dan yoghurt, dapat memperburuk bronkitis. Ini dapat terjadi pada penderita bronkitis yang juga memiliki intoleransi laktosa. Pada kondisi ini, konsumsi produk olahan susu bisa menyebabkan kembung dan sulit bernapas.

5. Sayuran yang mengandung gas

Konsumsi sayuran baik untuk kesehatan. Namun, saat menderita bronkitis, ada beberapa jenis sayuran yang perlu dihindari, seperti kol, brokoli, pakcoy, kubis, dan kangkung.

Ini karena sayuran tersebut banyak mengandung gas yang bisa memicu kembung di perut. Perut kembung bisa memberikan tekanan ke rongga dada, sehingga menyebabkan keluhan sesak.

Selain berbagai jenis makanan di atas, penderita sakit bronkitis juga sebaiknya menghindari beberapa jenis minuman, seperti susu, kopi, minuman beralkohol, dan soda. Pasalnya, jenis minuman tersebut dapat menghasilkan gas berlebih yang membuat penderita bronkitis makin merasa sesak.

Penderita bronkitis juga harus istirahat yang cukup untuk meredakan gejala bronkitis. Jangan lupa pula untuk menjalani terapi pengobatan sesuai anjuran dokter.

Jika Anda sudah menghindari makanan yang dilarang untuk penderita bronkitis tetapi gejalanya tidak kunjung membaik atau bahkan disertai gejala lain, seperti mengi, batuk berdarah, dan sesak napas berat, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA