Home TEKNOLOGI Apa Itu CDN CloudFlare? Kenapa Website Besar Menggunakannya?

Apa Itu CDN CloudFlare? Kenapa Website Besar Menggunakannya?

CDN Cloudflare
Mungkin untuk Anda yang berada di dunia IT sebelumnya sudah pernah mendengar CDN CloudFlare, namun masih banyak yang belum memahami apa itu CDN CloudFlare, apa fungsinya dan bagaimana cara kerjanya.

CDN (Content Delivery Network) adalah platform server yang sangat terdistribusi untuk membantu meminimalkan keterlambatan dalam memuat konten halaman web dengan mengurangi jarak fisik antara server dan pengguna.

CDN bertanggung jawab atas pengiriman konten yang membantu pengguna di seluruh dunia melihat konten berkualitas tinggi yang sama tanpa waktu muat yang lambat.

Cara Kerja CDN

Lebih dari setengah lalu lintas internet dilayani oleh jaringan pengiriman konten atau CDN. Tujuan CDN yaitu untuk mengurangi latensi atau penundaan mengirimkan permintaan untuk halaman web dan halaman web yang dimuat penuh pada perangkat Anda, dengan cara mengurangi jarak fisik yang harus dilalui oleh permintaan tersebut.

Contohnya seperti pengunjung Indonesia ingin melihat konten yang berasal dari server berbasis di Amerika akan mengalami waktu pemuatan yang buruk jika permintaan ini harus melakukan perjalanan melintasi Atlantik.

Untuk mengatasi hal ini, CDN menyimpan versi cache dari konten situs web Anda di beberapa lokasi geografis di seluruh dunia, yang dikenal sebagai “point of presence” (PoPs). PoP ini akan berisi server caching mereka sendiri dan akan bertanggung jawab untuk mengirimkan konten itu di lokasi pengguna, sehingga kecepatan dan kinerja dari website meningkat.

Apa Itu CloudFlare

Cloudflare adalah jaringan pengiriman konten (CDN) yang mana jaringan tersebut bisa disebut berperan sebagai proxy yang bertugas untuk menghubungkan website dengan pengunjung website.

Tujuannya yaitu untuk membuat website lebih cepat dengan cara menggunakan cache konten statis yang berada di lokasi terdekat karena CloudFlare sendiri memiliki banyak server yang tersebar di beberapa negara.

CDN CloudFlare juga membuat website aman dan terhindar dari serangan orang yang tidak bertanggung jawab. Hampir banyak website besar menggunakan CloudFlare karena untuk keamanan dan kecepatan.

Jika kalian ingin mempunyai website yang cepat, aman dan selalu online, gunakan hosting WolfPress Masterweb. Hosting sudah support CloudFlare dan menggunakan teknologi LVE yang membuat kecepatan dan keamanan berada di level terbaik.

Fungsi CloudFlare

CloudFlare memiliki banyak fungsi dan kelebihan jika Anda gunakan. Beberapa diantaranya yaitu :

  • Dengan caching konten situs web, Cloudflare membantu meningkatkan kecepatan memuat halaman, mengurangi penggunaan bandwidth, dan mengurangi penggunaan CPU di server.
  • CloudFlare secara otomatis mengarahkan pengunjung website ke data center atau server terdekat agar waktu memuat website lebih cepat
  • CloudFlare juga bisa melindungi website Anda dari serangan jahat dalam bentuk komentar spam
  • Cloudflare membantu meningkatkan keamanan dengan memblokir ancaman bahkan sebelum mereka mencapai situs.
  • CDN Cloudflare juga dapat memberikan beberapa perlindungan terhadap serangan Distributed Denial of Service (DDoS).

Cara Kerja CloudFlare

Jika CloudFlare sudah diaktifkan pada sebuah website, maka website Anda sudah menjadi bagian dari jaringan CloudFlare yang mana nameserver akan berubah secara otomatis menggunakan nameserver dari CloudFlare. Semua orang yang mengakses website tersebut akan melewati CloudFlare.

CloudFlare mengoptimalkan pengiriman konten web dengan menyimpan duplikat konten statis (seperti CSS, JavaScript, dan file gambar) di server-nya. Konten situs web Anda dilayani dari server CloudFlare yang terletak paling dekat dengan pengunjung Anda, yang mengurangi waktu pemuatan halaman.

Jika server di jaringan CDN Cloudflare sangat sibuk, lalu lintas web secara otomatis dialihkan ke server berikutnya yang terdekat dengan pengunjung Anda.

Menggunakan CDN adalah cara yang tepat untuk mempercepat akses website Anda. Baik itu berupa blog, website pribadi, website bisnis, web e-commerce dan lain -lain.

CDN CloudFlare dapat membantu meningkatkan kinerja situs web Anda juga dapat meningkatkan keamanan Anda. Cloudflare ini bukan satu-satunya CDN yang tersedia, tetapi CloudFlare salah satu yang paling banyak digunakan.

Exit mobile version