Beranda GAYA HIDUP Inilah 6 Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Inilah 6 Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Manfaat Masker Lidah Buaya
Manfaat masker lidah buaya untuk kecantikan tidak perlu diragukan lagi. Masker dari bahan alami ini dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Manfaat tersebut tentu tak lepas dari beragam kandungan nutrisi di dalamnya.

Tanaman lidah buaya dapat diolah menjadi berbagai bentuk dan salah satunya adalah masker lidah buaya. Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, masker alami ini juga sejak lama digunakan untuk kecantikan, terutama kesehatan kulit dan rambut.

Beragam manfaat tersebut diperoleh dari kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, magnesium, folat, dan kalsium. Tak hanya itu, lidah buaya juga mengandung antioksidan.

Manfaat Masker Lidah Buaya untuk Kulit dan Rambut

Manfaat masker lidah buaya untuk kecantikan sangatlah beragam. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Meredakan kulit yang terbakar sinar ultraviolet

Paparan sinar matahari secara langsung dan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit memerah, melepuh, atau terasa perih saat disentuh. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda dapat menggunakan masker lidah buaya.

Sensasi dingin dari lidah buaya dapat menenangkan dan mempercepat proses pemulihan kulit yang terbakar akibat radiasi sinar ultraviolet.

2. Melembapkan kulit

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E pada masker lidah buaya dipercaya dapat melembapkan dan menghidrasi kulit yang kering. Tak hanya itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga diyakini dapat melindungi kulit dari efek radikal bebas.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga bisa menggunakan pelembap kulit dengan kandungan lidah buaya setelah mandi.

3. Mengobati jerawat

Lidah buaya mengandung asam salisilat yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengobati jerawat yang meradang. Manfaat masker lidah buaya ini akan lebih efektif jika digunakan pada pagi dan malam hari.

BACA JUGA  Dino Venture Wahana Seru Menjelajah dan Berinteraksi Dengan Dinosaurus.

Namun, sebelum menggunakan masker lidah buaya ke jerawat yang meradang, cobalah terlebih dahulu masker tersebut pada kulit tangan Anda. Hal ini karena pada kasus yang jarang terjadi, penggunaan masker lidah buaya justru dapat memperburuk kondisi kulit yang meradang.

4. Mengatasi iritasi kulit

Beberapa penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis, dan rosacea dapat membuat kulit kering dan iritasi. Penyakit kulit ini bisa ditangani dengan cara menggunakan masker lidah buaya pada bagian kulit yang teriritasi, sehingga kulit menjadi lebih lembap dan gejalanya pun dapat mereda.

Manfaat ini berkat asam lemak dan enzim bradikinin yang terkandung pada lidah buaya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan masker lidah buaya pada bagian kulit yang mengalami iritasi setidaknya dua kali sehari.

5. Memperlambat penuaan dini kulit

Tak hanya membuat kulit terbakar, paparan sinar ultraviolet dalam jangka panjang juga dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit. Ini dikarenakan paparan sinar ultraviolet dapat memecah kolagen dan merusak serat elastin pada lapisan kulit paling dalam atau dermis.

Manfaat masker lidah buaya dapat dipercaya untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit, sehingga mampu menyamarkan keriput, garis-garis halus, dan kulit kendur yang menjadi tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

6. Menjaga kesehatan rambut

Selain baik untuk menjaga kesehatan kulit, masker lidah buaya juga bermanfaat untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit kepala dan mencegah rambut rontok.

Masker lidah buaya juga diketahui dapat mengatasi kulit kepala gatal akibat dermatitis seboroik dan merangsang pertumbuhan rambut. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin A, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin E di dalamnya.

Cara Membuat Masker Lidah Buaya

Berdasarkan uraian di atas, masker lidah buaya dapat dijadikan sebagai cara sederhana merawat kulit dan rambut. Untuk mendapatkan beragam manfaat tersebut, Anda bisa membuat sendiri masker lidah buaya di rumah. Berikut ini adalah cara membuat masker lidah buaya untuk wajah:

  • Siapkan lidah buaya dan cuci hingga bersih.
  • Kupas lidah buaya dan ambil bagian daging buahnya yang berwarna putih bening.
  • Oleskan daging lidah buaya pada wajah dan leher secara merata dan biarkan beberapa saat sampai meresap ke kulit.
  • Bersihkan dengan sabun dan air hingga bersih.

Selain menggunakan lidah buaya secara langsung, Anda juga bisa mencampurnya dengan beberapa bahan alami, seperti madu, kayu manis, perasan lemon, minyak kelapa, dan tea tree oil.

BACA JUGA  2022 Halodoc Hadirkan Solusi Diet Dalam Satu Genggaman

Sementara itu, manfaat masker lidah buaya untuk rambut dapat digunakan dengan cara dioleskan secara menyeluruh pada rambut dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, keramas untuk menghilangkan gel lidah buaya pada rambut Anda.

Secara umum manfaat masker lidah buaya aman digunakan untuk orang yang memiliki kulit normal. Hindari mengoleskan lidah buaya pada luka bakar yang parah. Anda juga sebaiknya menghindari penggunaan lidah buaya jika memiliki kulit sensitif.

Manfaat masker lidah buaya untuk kesehatan kulit dan rambut memang cukup banyak. Namun, tidak semua orang cocok menggunakan lidah buaya sebagai masker untuk perawatan sehari-hari atau untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Jadi, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter.

Berita paling lengkap Klik: Google News

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakInilah 8 Manfaat Rosehip Oil bagi Kesehatan Kulit
Artikulli tjetërPengabdi Setan 2: Communion Bakal Menteror IMAX Seluruh Indonesia.