Iklan
Iklan

Gudang Pengeringan Tembakau di Bojonegoro Ludes Terbakar

- Advertisement -
Sebuah gudang pengeringan tembakau (oven) di Dusun Sidomulyo, Desa Sugihwaras, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, pada Selasa malam (18/10/2022), hangus terbakar. Akibatnya, delapan ton daun tembakau kering yang ada di dalam oven tersebut hangus terbakar.

Gudang pengeringan tembakau tersebut diketahui milik Mohammad Nurul Huda (35), warga Desa Belun, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian material ditaksir sebesar Rp 50 juta. Sementara, sumber api diduga berasal tungku pemanas yang apinya membesar sehingga membakar daun tembakau kering di atasnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro, Achmad Gunawan, menjelaskan bahwa kebakaran gudang pengeringan tembakau tersebut diperkirakan mulai terjadi pada pukul 18.30 WIB, dan Dinas Pemadam Kebakaran menerima laporan pada pukul 18.40 WIB.

Setelah mendapatkan laporan, pihaknya mengirimkan dua unit mobil pemadam kebakaran, masing-masing satu unit dari Pos Temayang, dan Pos Kedungadem.

“Petugas tiba di lokasi kejadian pukul 18.55 WIB dan api benar-benar dapat dipadamkan pukul 20.20 WIB,” kata Achmad Gunawan, dikutip dari kumparan.

Sementara itu, Kapolsek Sugihwaras, Polres Bojonegoro, Iptu Sudirman, menjelaskan bahwa kronologi kejadian tersebut bermula saat warga desa setempat melihat asap yang berasal dari dalam oven tembakau tersebut, sehingga warga segera meminta bantuan kepada Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), untuk membantu memadamkan api.

“Api dengan cepat membakar daun tembakau kering. Dalam waktu sekitar 30 menit api sudah membakar satu oven tersebut,” kata Kapolsek.

Tidak lama berselang datang dua unit mobil pemadam kebakaran untuk membantu melakukan pemadaman, dan petugas berhasil memadamkan api agar tidak merambat ke oven lainya.

“Satu oven ludes terbakar. Selanjutnya petugas damkar melakukan pendinginan hingga api benar-benar padam,” kata Kapolsek.

Menurut Kapolsek, berdasarkan keterangan saksi dan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), penyebab kebakaran atau sumber api diduga berasal dari dapur atau tungku pemanas yang apinya naik sehingga membakar daun tembakau kering yang ada di atasnya.

“Korban jiwa nihil. Kurang lebih delapan ton tembakau yang berada di dalam oven tersebut hangus terbakar. Kerugian ditaksir mencapai 50 juta rupiah,” kata Kapolsek Sugihwaras, Iptu Sudirman.

Sebelumnya, sebuah gudang pengeringan tembakau (oven) yang berlokasi di Desa Belun, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, milik Joko Bambang Nur Singgih (42), warga Desa Temayang, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, pad Jumat (14/10/2022) lalu juga hangus terbakar.

Akibatnya, 30 ton daun tembakau yang ada di dalam oven tersebut ludes terbakar, sehingga korban ditaksir menderita kerugian material sebesar Rp 150 juta.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA