Beranda INFO SEHAT Ini 5 Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan Tubuh

Ini 5 Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan Tubuh

manfaat
Foto: Orami
Sebagian besar produk susu almond diperkaya dengan vitamin, mineral, atau protein. Manfaat susu almond telah teruji oleh banyak studi sehingga khasiatnya untuk tubuh terjamin.

Susu almond adalah minuman bermanfaat dan bergizi berbahan dasar kacang almond (Prunus amygdalus) yang populer selama bertahun-tahun. Manfaat susu almond juga banyak dan susu ini lebih disukai karena memiliki rasa yang ringan daripada susu nabati lainnya.

Untuk alasan kesehatan, sebaiknya pilihlah susu almond yang tidak mengandung tambahan gula. Sebagian besar produk susu almond diperkaya dengan vitamin, mineral, atau protein. Bahkan, susu ini dapat digunakan sebagai alternatif susu sapi bagi pengidap alergi protein sapi.

Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi dalam susu almond tergantung dari beberapa hal. Seperti seberapa banyak almond yang digunakan untuk membuatnya, jumlah air tambahan yang dikandungnya, dan apakah ditambahkan vitamin dan mineral tambahan atau tidak.

Secara alami, susu almond mengandung nutrisi seperti protein, kalsium, dan vitamin E.  Susu ini terbuat dari biji almond yang telah diolah dengan sejumlah vitamin dan mineral.

Berikut adalah beberapa manfaat susu almond untuk kesehatan:

  1. Rendah Kalori

Meskipun kacang almond mengandung 50 persen lemak dan tinggi kalori, susu almond adalah minuman rendah kalori. Jadi, kamu bisa meminumnya dalam jumlah banyak tanpa menyebabkan penambahan berat badan.

Produsen susu almond akan menghancurkan kandungan kalori dengan air agar kandungan lemaknya mirip dengan susu rendah lemak, yaitu sekitar 1 persen lemak. Satu cangkir susu almond hanya mengandung 39 kalori, yaitu setengah dari jumlah kalori dalam secangkir susu skim.

  1. Tidak Meningkatkan Gula Darah

Sebaliknya, susu almond yang baik adalah susu bebas gula yang rendah karbohidrat. Susu ini terdiri kurang dari 2 persen karbohidrat. Sebagai perbandingan, susu sapi rendah lemak mengandung 5 persen karbohidrat.

BACA JUGA  8 Bahaya Badan Terlalu Gemuk, Anda Harus Waspada

Susu almond juga tinggi lemak dan protein ketimbang kandungan karbohidratnya. Oleh karena itu, susu ini tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah, sehingga cocok untuk pengidap diabetes, serta mereka yang mengikuti diet rendah karbohidrat.

  1. Dapat Memperkuat Tulang

Susu adalah sumber makanan kaya kalsium. Namun, almond tidak mengandung kalsium. Oleh karena itu, banyak produsen memperkaya susu almond dengan kalsium untuk orang yang tidak mengonsumsi produk susu, seperti vegan dan mereka yang alergi terhadap laktosa.

Kalsium sangat penting untuk membangun dan memelihara tulang. Asupan kalsium yang cukup dapat mengurangi risiko osteoporosis.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi kacang secara teratur dapat membantu penurunan risiko penyakit jantung. Ini karena kacang mengandung lemak sehat yang tinggi. Asam oleat yang merupakan asam lemak utama dalam minyak susu almond dapat membuat perubahan bermanfaat di lipid darah.

Perubahan bermanfaat dalam profil lipid darah ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Meskipun sekitar 50 persen kalori dalam susu almond berasal dari lemak, produk ini umumnya rendah lemak dan tidak berdampak signifikan pada profil lipid darah.

Vitamin E dan polifenol dalam susu almond juga memiliki sifat antiradang dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

  1. Tinggi Vitamin D

Banyak orang kekurangan asupan vitamin D. Hal ini dapat meningkatkan risiko berbagai macam masalah tulang dan sendi. Susu adalah sumber vitamin D yang sangat tinggi. Sama seperti susu biasa, susu almond juga mengandung tambahan vitamin D yang tinggi.

Facebook Comments

Artikulli paraprakDosen di Jakarta Ditemukan Tewas Seorang Diri di Rumahnya
Artikulli tjetërBelanegara Abe 2022 Ajak Ruth Garcia di ‘Running Into You’