Iklan
Iklan

Kunyit Hitam Ternyata Memiliki 5 Manfaat bagi Kesehatan

- Advertisement -
Pernahkah kamu melihat kunyit yang bagian dalamnya berwarna kehitaman? Kendati kunyit hitam tidak sepopuler kunyit kuning atau putih, manfaat kunyit ini untuk kesehatan ada banyak, lho. Selain mencegah infeksi, kunyit hitam juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena kanker.

Kunyit, termasuk kunyit hitam, masih termasuk ke dalam keluarga jahe-jahean sehingga bentuknya terlihat mirip dengan jahe. Kunyit ini memiliki permukaan kulit berwarna cokelat dengan daging berwarna ungu kehitaman.

Tanaman jenis rimpang dengan nama latin Curcuma caesia Roxb ini juga dikenal sebagai kali haldi dan sudah digunakan sebagai obat tradisional di beberapa negara, termasuk Asia Tenggara.

Kunyit hitam mengandung kamper, ar-turmerone, (Z)-ocimene, ar-curcumene, 1,8-cineole, elemene, borneol, dan bornyl asetat. Kesamaan antara kunyit kuning, kunyit putih, dan kunyit hitam adalah sama-sama mengandung senyawa kimia kurkumin yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Kunyit Hitam bagi Kesehatan

Manfaat kunyit ini bagi kesehatan ada beragam, di antaranya adalah:

1. Menangkal radikal bebas

Kunyit ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antiosidan merupakan senyawa penting yang dibutuhkan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas, seperti asap rokok, polusi, dan asap kendaraan.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, kamu dapat lebih terlindungi dari penyakit jantung dan liver.

2. Meredakan nyeri

Ekstrak kunyit hitam dipercaya dapat bertindak sebagai analgesik. Bila diolah dengan cara yang tepat, kunyit ini bermanfaat untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi dan keseleo, serta bisa menurunkan demam.

3. Menurunkan risiko terjadinya infeksi

Sama halnya dengan kunyit kuning dan putih, kunyit ini juga bersifat antibakteri dan antijamur. Hal ini membuat kunyit hitam bisa dimanfaatkan untuk menghambat pertumbuhan bakteri, seperti Staphylococcus aureus, dan jamur Candida albicans, yang bisa menyebabkan infeksi pada tubuh.

4. Membantu mencegah terjadinya peradangan

Konsumsi kunyit ini dipercaya mampu membantu tubuh mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi. Meski demikian, kamu tetap perlu untuk mengimbanginya dengan pola makan sehat, karena pola makan yang buruk juga bisa memicu terjadinya peradangan.

5. Mengurangi risiko terkena kanker

Penyakit kanker bisa terjadi ketika sel-sel di tubuh mengalami pertumbuhan abnormal, yang disebabkan oleh perubahan atau mutasi genetik pada sel. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kunyit ini memiliki senyawa antimutagenik yang bisa mencegah terjadinya kanker pada tubuh.

Ada beragam manfaat kunyit ini bagi kesehatan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Namun, jangan mengandalkan kunyit hitam saja, sebab manfat-manfaat yang sudah disebutkan di atas masih perlu diteliti lebih lanjut.

Bila kamu ingin menggunakan kunyit ini sebagai obat atau pendamping obat, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA