Home INFO SEHAT 5 Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

5 Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

makanan tidur
Meskipun makan malam larut malam kadang-kadang tidak dapat dihindari, penelitian menunjukkan makan malam dan ngemil di malam hari, terlepas dari apa yang Anda konsumsi, berpengaruh terhadap kualitas tidur. Beberapa makanan, bagaimanapun, lebih buruk daripada yang lain. Mengetahui makanan mana yang harus dihindari sebelum tidur bisa mempengaruhi tidur nyenyak anda di malam hari.

Cokelat

Cokelat hitam bisa baik untuk jantung Anda, tetapi, makanan ini mungkin tidak kondusif untuk tidur malam yang nyenyak.

Antioksidan yang ditemukan dalam cokelat hitam, banyak di antaranya berasal dari biji kakao, bertanggung jawab atas manfaat kesehatan jantung seperti peningkatan kadar kolesterol HDL dan pembuluh darah yang lebih sehat. Semakin tinggi persentase kakao, semakin besar manfaatnya — dan semakin banyak kafein yang dikandungnya. Satu ons 70 persen cokelat hitam kakao mengandung 40 miligram kafein, hampir sama dengan setengah cangkir kopi. Tidak heran mengunyah sepotong sebelum tidur bisa membuat tidur menjadi mimpi yang tinggi.

Makanan berlemak

Ada waktu dan tempat untuk makanan berlemak dalam diet sehat, tetapi waktu itu pasti bukan sebelum tidur.

Daging merah atau olahan, makanan yang digoreng, dan junk food berminyak seperti keripik kentang semuanya mengandung kadar lemak yang tinggi. Lemak dapat memperburuk maag, gejala refluks asam di mana asam lambung masuk ke kerongkongan. Maag dapat membuat sulit tidur, dan rasa sakit dapat menyebabkan Anda terbangun sepanjang malam. Hindari memakan makanan berlemak setidaknya tiga jam sebelum tidur.

Alkohol

Alkohol membuat Anda mengantuk. Tapi perasaan mengantuk ini tidak selalu berarti tidur nyenyak. Alkohol dapat mengganggu tidur, memperburuk masalah pernapasan yang ada dan menyebabkan Anda terbangun beberapa kali sepanjang malam.

Satu ulasan dari 20 penelitian menunjukkan semakin banyak alkohol yang dikonsumsi sebelum tidur, semakin besar dampak negatifnya pada kualitas tidur. Dan sementara satu atau dua malam tanpa tidur tidak akan membuat tubuh Anda terkejut, mengganggu tidur malam Anda dengan minuman beralkohol lebih menciptakan kelelahan dan stres.

Makanan pedas

Masakan yang berapi-api tidak akan menyebabkan mimpi buruk, tetapi bisa mengganggu tidur Anda. Bagi sebagian orang, makanan pedas memperburuk refluks asam, yang dapat menyebabkan mulas dan merusak kerongkongan. Jika kerongkongan Anda sudah rusak karena refluks, itu bisa semakin teriritasi dengan makan makanan pedas.

Untuk memperburuk keadaan, gejala refluks asam dapat memburuk saat berbaring, dan masalah tidur, seperti insomnia, lebih sering terjadi pada mereka yang mengalami refluks asam.

Hidangan kari pedas juga dapat mengganggu tidur dengan cara lain. Setidaknya satu penelitian kecil menunjukkan bahwa pria lebih sulit jatuh dan tetap tertidur setelah mengonsumsi makanan dengan saus pedas dan mustard.

Es krim

Es krim sarat dengan lemak dan gula; satu cangkir es krim cokelat, misalnya, mengandung 14 gram lemak dan 34 gram gula. Keduanya terkait dengan kualitas tidur yang lebih buruk, menurut sebuah penelitian.

Studi lain menghubungkan kurang tidur dengan keinginan untuk makan junk food, yang berarti prosesnya bisa menjadi siklus — dan bahkan lebih buruk untuk lingkar pinggang Anda.

Exit mobile version