Beranda INFO SEHAT Manfaat Jus Cranberry untuk Kesehatan dan Kebugaran?

Manfaat Jus Cranberry untuk Kesehatan dan Kebugaran?

Jus Cranberry
Berry merah kecil yang cantik, disebut sebagai cranberry, mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Buah cranberry segar mungkin tidak terlalu populer dan agak sulit untuk mendapatkannya di pasaran Indonesia.

Buah ini memiliki warna merah dan rasa yang asam. Pada umumnya cranberry tumbuh secara liar di beberapa kawasan lembab di Indonesia. Cranberry merupakan buah asli dari Amerika dan dipanen pada bulan September dan Oktober saja, buah ini dapat disimpan hingga dua bulan lamanya.

Di Amerika buah ini dijadikan sebagai pelengkap hidangan pada hari-hari perayaan tertentu. Buah ini termasuk ke dalam golongan buah berry dan termasuk ke dalam makanan sehat, dalam satu cangkir cranberry hanya mengandung 25 kalori.

Tanaman ini tumbuh merambat rendah. Namun, jus cranberry adalah salah satu yang paling diremehkan di antara semua jus. Ini bisa jadi terutama karena kebanyakan dari kita tidak menyadari apa manfaat jus cranberry.

Jus merah cerah yang lezat mengandung banyak manfaatnya bagi kesehatan. Hanya dengan memasukkan jus ajaib ini ke dalam makanan sehari-hari, Anda dapat menyingkirkan beberapa penyakit kesehatan.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa minum jus cranberry memiliki beberapa manfaat. Ini termasuk menunda beberapa penyakit kronis dan fatal, masalah yang berkaitan dengan usia, dan berbagai lainnya.

Apa itu jus cranberry?

Jus Cranberry

Jus cranberry adalah cairan yang diekstrak dari cranberry. Istilah ilmiah untuk menyebut buah ini adalah Vaccinium Macrocarpon dan Vaccinium Oxycoccos. Buah-buahan ini merupakan kelompok buah berry, bersama dengan huckleberry, blueberry, dan banyak lagi.

Cranberry adalah buah ajaib, dan Anda dapat memasukkannya ke dalam diet harian Anda. Jus Cranberry memberi banyak manfaat bagi tubuh manusia. Ini bekerja sangat baik dalam menjaga tingkat kebugaran seseorang secara keseluruhan.

Cranberry memiliki banyak manfaat nutrisi. Namun, untuk mengetahui apa manfaat jus cranberry, pertama-tama kita harus menyadari semua manfaat nutrisi yang dimiliki cranberry.

Nutrisi Cranberry

  • Protein
  • Asam pantotenat
  • Mineral
  • Sodium
  • Besi
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Vitamin E
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin B6
  • Flavonoid
  • Tembaga
  • Fitonutrien
  • Asam amino
  • Kalsium
  • Mangan
  • Serat makanan
  • Antioksidan
  • folat
  • Magnesium
  • Kalium

Apa Manfaat Jus Cranberry?

Setelah melihat grafik nutrisi, Anda pasti menyadari kegunaan cranberry. Tak perlu disebutkan, buah berry ini langsung dari surga (kita dapat mengatakan bahwa karena manfaat kesehatan yang sangat besar, bukan?) dan harus dimiliki di sebagian besar rumah tangga.

Dengan tidak membuang waktu mari kita gali lebih dalam lagi tentang manfaat jus cranberry.

Mengontrol ISK- Infeksi Saluran Kemih

Sifat antibakteri jus cranberry telah menunjukkan hasil positif dalam mengobati dan menyembuhkan banyak orang terkena infeksi saluran kemih (ISK).

BACA JUGA  7 Penyebab Gairah Seksual Menurun pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa memasukkan dua gelas jus cranberry ke dalam makanan dapat mencegah infeksi saluran kemih agar tidak terulang kembali. Karena cranberry mengandung banyak asam yang bermanfaat.

Asam-asam tersebut adalah antosianin, flavonoid, katekin, terpenoid. Selain itu, mengandung beberapa asam organik seperti asam glukuronat, benzoat, sitrat, malat, dan quinic. Asam-asam ini bersama-sama membantu mencegah pertumbuhan bakteri dengan menjaga pH urin.

Mencegah infeksi ginjal dan kalsifikasi

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa meminum jus cranberry secara teratur terbukti dapat menyembuhkan infeksi ginjal. Jus ini telah digunakan selama beberapa dekade dan dianggap sebagai obat tradisional untuk infeksi dan masalah ginjal.

Selain mencegah infeksi ginjal, minum jus cranberry secara teratur juga membantu mencegah pengapuran ginjal. Ini karena mengandung sitrat, oksalat, dan fosfat.

Oleh karena itu, jika Anda mencari cara untuk menjaga ginjal tetap sehat dan terhindar dari masalah, pertimbangkan untuk mengkonsumsi jus cranberry setiap hari.

Membantu menjaga kesehatan vagina

Jus Cranberry

Kesehatan vagina adalah topik yang sangat penting dan jarang dibicarakan. Wanita lebih rentan mengalami infeksi vagina dan masalah lain di beberapa titik dalam hidup mereka. Kenapa?

Sebagian besar kondisi ini berkaitan dengan uretra mereka yang dekat dengan anus dan vagina. Bakteri yang disebut Escherichia coli adalah akar penyebab infeksi saluran kemih (ISK).

Pada wanita, bakteri ini dapat dengan mudah mencapai vagina, terutama saat berhubungan seksual dan saat buang air kecil.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah terjadinya bakteri ini adalah dengan makan makanan yang baik untuk mengatasi masalah ini. Salah satu makanan baik yang membantu mengekang bakteri adalah segelas jus cranberry segar.

Minum segelas jus cranberry membantu menjaga ginjal tetap sehat dan bebas dari infeksi. Secara tidak langsung dan langsung juga membuat vagina menjadi sehat.

Membantu menjaga kesehatan kulit

Jus cranberry bekerja sangat baik untuk membuat kulit terlihat sehat. Juga, ini membantu mengurangi tanda-tanda penuaan di antara orang-orang.

Namun, ini mungkin tidak mengejutkan kita karena kandungan nutrisinya mencerminkan kebaikannya. Beberapa di antaranya adalah jenis vitamin, fosfor, magnesium, kalium, tembaga, dan lainnya.

Ini juga mengandung berbagai antioksidan seperti Proanthocyanidins, Peonidin, Myricetin, Anthocyanin, dan Quercetin. Ini bekerja sebagai flavonoid dan asam fenolik untuk mengurangi stres oksidatif seseorang. Oleh karena itu, jus cranberry adalah salah satu minuman detoks terbaik untuk dipercaya.

Jika Anda salah satu dari mereka yang menderita jerawat dan masalah terkait kulit lainnya, Anda mengkonsumsi segelas jus cranberry.

Bersamaan dengan itu, berbagai nutrisi bersama yang dikandung cranberry membantu menjaga kulit tetap sehat, segar, dan terhidrasi.

BACA JUGA  Awas! Kenali Efek Samping Vaksin Covid-19

Membantu penurunan berat badan

Selain memiliki banyak nutrisi, cranberry memiliki senyawa pelindung yang disebut polifenol. Ini membantu mendukung tubuh secara alami dan membantu menurunkan berat badan.

Minum segelas penuh jus cranberry dapat membantu seseorang merasa kenyang. Ini, pada gilirannya, membantu mereka tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama dan juga mengekang rasa lapar.

Untuk menambah ini, jus merah cerah ini tidak hanya terlihat bagus tetapi rasanya luar biasa. Oleh karena itu, jika Anda biasanya tidak dapat melakukannya tanpa soda, Anda dapat menggunakan jus ini sebagai penggantinya. Selain itu, ini enak dan bebas gula, tidak seperti soda kemasan yang dijual di pasaran.

Yang perlu Anda lakukan untuk membantu penurunan berat badan adalah minum segelas jus cranberry di pagi hari. Jus cranberry juga merupakan minuman detoks yang luar biasa; maka itu akan menjadi awal yang baik untuk pagi hari. Ingat jangan tambahkan gula ya

Membantu dalam meningkatkan kesehatan usus dan metabolisme

Minum segelas jus ini setiap hari benar-benar dapat membantu menunjukkan kesehatan pencernaan dan tingkat metabolisme seseorang.

Salah satu sifat cranberry adalah memblokir infeksi patogen berbahaya yang terjadi di usus. Sebagai alternatif, berry ini membantu dalam mempromosikan bakteri baik di usus.

Antioksidan yang dibawa cranberry bersama mereka membantu mencegah usus terkena kanker. Seiring dengan ini, cranberry mengandung sejumlah fitokimia.

Ini membantu dalam mempromosikan kesehatan pencernaan individu. Oleh karena itu, jika Anda adalah salah satu dari mereka yang cukup sering menderita penyakit perut, Anda tahu jus mana yang harus ditambahkan ke dalam diet Anda.

Membantu kesehatan jantung

Jus cranberry benar-benar bekerja dengan baik dalam mencegah beberapa penyakit jantung dan penyakit terjadi, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian. Ini terutama karena cranberry mengandung berbagai nutrisi kuat.

Yang terpenting, jus ini mengandung ‘sifat relaksasi Vaso’. Artinya, meminum segelas jus cranberry setiap hari dapat membantu melepaskan ketegangan di antara pembuluh darah yang kaku di tubuh seseorang. Ini, pada gilirannya, membantu melepaskan hipertensi pada seseorang dan menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Selain itu, cranberry juga membantu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Apalagi jus ini bisa membantu mencegah seseorang dari penyakit stroke lainnya yang berhubungan dengan jantung.

Mencegah berbagai infeksi

Jus Cranberry

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa jus cranberry dapat membantu mencegah seseorang dari berbagai infeksi.

Terlihat bahwa jus cranberry melakukan pekerjaan luar biasa dalam mencegah infeksi ginjal. Ini, pada gilirannya, juga membantu mencegah berbagai infeksi vagina pada wanita. Dengan ini membantu dalam menjaga kesehatan vagina.

Selain itu, jus ajaib ini juga telah menunjukkan hasil yang baik untuk mencegah influenza dan flu lainnya.

BACA JUGA  Inilah 10 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

Selanjutnya, berbagai penelitian menunjukkan bahwa buah beri ini dapat membantu melindungi seseorang dari berbagai bakteri dan virus. Untuk menambah ini, itu juga melindungi seseorang dari berbagai penyakit bawaan makanan.

Menjaga banyak penyakit yang berkaitan dengan usia lanjut

Nutrisi kuat yang dikandung cranberry memberi mereka potensi untuk mencegah banyak penyakit jangka panjang dan terkait usia. Beberapa penyakit serius tersebut adalah kanker, penyakit saluran kemih, penyakit jantung, gangguan kesehatan pencernaan, dan diabetes.

Kita semua, sekarang, sadar bahwa cranberry sangat kaya akan beberapa antioksidan. Ini adalah asam ursolat, quercetin dan myricetin. Ini dikenal untuk melindungi seseorang dari penyakit jangka panjang yang serius ini.

Orang menderita penyakit seiring bertambahnya usia. Seiring bertambahnya usia, radikal bebas mulai menumpuk di berbagai bagian tubuh. Ini, pada gilirannya, menghasilkan kerusakan oksidatif dan berbagai masalah kesehatan. Antioksidan yang dibawa cranberry membantu radikal bebas ini terbentuk.

Oleh karena itu, adalah bijaksana untuk memasukkan jus cranberry dalam porsi yang baik untuk melawan radikal bebas dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Bermanfaat untuk kesehatan pasca-menopause untuk wanita

Berbagai penyakit mulai mengganggu wanita saat memasuki masa menopause. Menopause adalah berhentinya menstruasi seorang wanita. Ini umumnya terjadi pada wanita di atas usia 50 tahun.

Berbeda dengan pria lain di usia yang sama, wanita yang memasuki masa menopause lebih rentan terkena berbagai penyakit. Ini adalah masalah kesehatan, diabetes, dan kanker, di antara banyak lainnya.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi cranberry dan jus cranberry telah membantu menjaga kesehatan wanita pascamenopause. Kolesterol dikendalikan dan bahkan telah berkurang di beberapa. Oleh karena itu, jus cranberry dapat bertindak sebagai suplemen makanan yang baik yang dapat dikonsumsi setelah menopause.

Kesimpulan

Sangat sedikit orang yang mengetahui semua jawaban tentang apa yang membantu jus cranberry. Tak perlu disebutkan, cranberry adalah salah satu buah dan beri yang paling diremehkan. Namun, orang yang mengetahui buah ajaib ini telah memastikan untuk memilikinya setiap hari.

Tidak seperti banyak buah dan sayuran sehat lainnya, cranberry sangat indah, menarik, dan lezat. Oleh karena itu, Anda pasti tidak akan bosan atau tidak menyukai rasanya.

Namun, meskipun dengan semua manfaatnya, selalu ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter yang baik sebelum mengonsumsi jus cranberry sebagai obat untuk penyakit apa pun. Dianjurkan juga untuk memantau diri sendiri dengan baik untuk melihat efek samping yang mungkin terjadi karena minum jus cranberry.

Cara mendapatkan Cranberry di Indonesia Klik di Sini

Facebook Comments

Artikel sebelumyaDunia Bereaksi atas Terpilihnya Presiden Garis Keras Iran Ebrahim Raisi
Artikel berikutnyaTempat Hiburan Hotel Bintang 4 di Makassar Dibubarkan Satgas Covid-19