Beranda INFO SEHAT Sup dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Menunaikan Ibadah Puasa

Sup dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Menunaikan Ibadah Puasa

Daya Tahan Tubuh
Tidak hanya lezat dan mudah disajikan, sup juga ternyata bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama menunaikan ibadah puasa. Apalagi sup termasuk makanan yang banyak digemari orang Indonesia.

Disamping meningkatkan daya tahan tubuh selama menunaikan ibadah puasa, sup merupakan salah satu hidangan sehat dengan banyak manfaat kesehatan. Hal ini karena pada umumnya sup dibuat dari bahan-bahan yang kandungan nutrisinya baik untuk kesehatan, seperti serat, protein, vitamin, dan antioksidan.

Manfaat Sup untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh selama menunaikan ibadah puasa

Tubuh kita memiliki sistem daya tahan atau sistem imun yang berfungsi untuk melindungi diri dari berbagai penyakit, terutama penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, maupun jamur. Jika tidak dijaga dengan baik, daya tahan tubuh dapat melemah sehingga akan lebih mudah terserang penyakit.

Oleh sebab itu, berbagai cara untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh perlu terus dilakukan, apalagi saat ini kita juga tengah menunaikan ibadah puasa.

Meningkatkan daya tahan tubuh sebenarnya tidak sulit. Kamu bisa mulai dari membiasakan diri mengonsumsi makanan bergizi, dan salah satunya adalah sup. Kaldu, sayuran, dan seafood, seperti kepiting, yang biasa ditemui di dalam sup, bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Sayur-sayuran kaya akan nutrisi, termasuk serat, vitamin, dan antioksidan yang diketahui mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Serat bermanfaat untuk memelihara bakteri baik di dalam usus yang dapat merangsang aktivitas sel-sel imun dan mencegah masuknya patogen berbahaya ke dalam tubuh yang masuk melalui sistem pencernaan.

Sementara itu, kaldu yang bisa berasal dari daging atau seafood mengandung banyak protein yang berperan penting dalam produksi antibodi dalam tubuh.

BACA JUGA  Langkah Cerdik Mencegah Penyakit Tidak Menular

Berbagai Kandungan yang Dibutuhkan dalam Membuat Sup Sehat

Meski sup banyak disukai, tetapi perlu diingat, sehat atau tidaknya sup yang kamu konsumsi tergantung dari bahan-bahan yang kamu gunakan saat membuatnya.

Untuk membuat sup yang sehat, kamu perlu memastikan bahan-bahan campuran sup mengandung beberapa nutrisi di bawah ini:

  • Karbohidrat, seperti dari kentang, jagung, dan kacang polong
  • Protein, seperti dari daging sapi, ayam, telur, atau seafood, misalnya kepiting
  • Serat, seperti dari brokoli, wortel, tomat, dan asparagus
  • Vitamin, seperti dari daun seledri, bawang, dan rempah-rempah

Yang juga tak kalah penting, hindari menggunakan terlalu banyak bumbu, seperti gula, garam, dan MSG, saat memasak sup. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan garam yang beryodium.

Apabila merasa kesulitan untuk meracik sup sendiri, kamu bisa membuat sup instan yang sudah banyak tersedia di pasaran. Selain lebih praktis untuk dibuat, sup instan biasanya memiliki varian rasa yang bisa kamu sesuaikan dengan seleramu, seperti rasa kepiting, ayam, atau jagung.

Agar daya tahan tubuh terjaga secara maksimal, sertai juga konsumsi sup dengan pola hidup sehat, seperti berolahraga secara rutin, beristirahat yang cukup, mengelola stres dengan baik, mencukupi kebutuhan cairan harian, tidak merokok, serta mendapatkan vaksinasi sesuai jadwal.

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakAktor Aliando Syarief Idap Penyakit OCD, Ternyata Ini Penyebabnya
Artikulli tjetërFarhat Abbas akan Pidanakan Orang yang Menantangnya Duel Tinju