Iklan
Iklan

4 Tersangka Pembunuh Presiden Jovenel Moise Ditembak Mati Pasukan Kemanan Haiti

- Advertisement -
Pasukan keamanan di Haiti telah menembak mati empat tersangka pembunuh Presiden Jovenel Moise dan menangkap dua orang lainnya. Hal ini disampaikan kepala polisi negara itu, ketika pembunuhan itu mengancam akan menjerumuskan negara Karibia yang sudah miskin dan dilanda krisis itu lebih dalam ke dalam kekacauan.

Direktur Jenderal Polisi Leon Charles menggambarkan empat orang yang tewas sebagai “tentara bayaran” dan mengatakan bahwa pasukan keamanan terkunci dalam baku tembak sengit dengan orang-orang yang membunuh presiden Jovenel Moise di rumahnya.

“Kami memblokir mereka dalam perjalanan saat mereka meninggalkan TKP,” ujar Charles dalam komentar yang disiarkan televisi. “Sejak itu, kami bertarung dengan mereka.”

“Mereka akan dibunuh atau ditangkap.”

Jovenel Moise, seorang mantan pengusaha berusia 53 tahun yang menjabat pada tahun 2017, ditembak mati sedangkan istrinya, Martine Moise, dalam insiden itu terluka parah ketika pembunuh bersenjata menyerbu rumah pasangan itu di perbukitan di atas Port-au-Prince sekitar pukul 01.00 waktu setempat. waktu pada hari Rabu (05:00 GMT).

Bocchit Edmond, duta besar Haiti untuk Amerika Serikat, mengatakan orang-orang bersenjata itu adalah “tentara bayaran asing” yang terlatih dan mereka telah menyamar sebagai agen Administrasi Penegakan Narkoba AS (DEA) saat mereka memasuki rumah Jovenel Moise yang dijaga oleh apparat setempat.

Jovenel Moise
Anggota Tentara Nasional Republik Dominika menjaga jembatan antara Republik Dominika dan Haiti, setelah perbatasan bersama di Dajabon ditutup [Ricardo Rojas/Reuters]
DEA memiliki kantor di ibukota Haiti untuk membantu pemerintah dalam program anti narkotika.

Istri Jovenel Moise, Martine, dalam kondisi stabil tetapi kembali kritis dan telah dievakuasi ke Miami untuk perawatan.

‘Tindakan barbar’

Pembunuhan Presiden Haiti, Jovenel Moise, mendapat kecaman dari Washington dan negara-negara tetangga Amerika Latin. Peristiwa itu terjadi di tengah kerusuhan politik, gelombang kekerasan geng, dan krisis kemanusiaan yang berkembang di negara termiskin di Amerika itu.

Joseph Claude, perdana menteri sementara yang telah mengambil alih kepemimpinan negara itu, mengatakan para pembunuh berbicara bahasa Inggris dan Spanyol – mayoritas di Haiti berbicara bahasa Prancis dan Kreol Haiti.

“Saya menyerukan ketenangan. Semuanya terkendali,” kata Joseph di televisi bersama Charles. “Tindakan barbar ini tidak akan dibiarkan begitu saja.”

Pemerintah Haiti telah mengumumkan keadaan darurat selama dua minggu untuk membantu menemukan para pembunuh Jovenel Moise.

Dalam wawancara sebelumnya dengan kantor berita The Associated Press, Joseph menyerukan penyelidikan internasional atas pembunuhan itu dan mengatakan pemilihan yang dijadwalkan akhir tahun ini harus diadakan. Dia juga berjanji untuk bekerja sama dengan sekutu dan lawan Jovenel Moise.

“Kami membutuhkan setiap orang untuk memajukan negara ini,” kata Joseph, menggambarkan presiden sebagai “seorang pria pemberani” yang telah menentang “beberapa oligarki di negara ini”. “Kami percaya hal-hal itu bukan tanpa konsekuensi,” tambahnya.

Haiti, sebuah negara berpenduduk sekitar 11 juta orang, telah berjuang untuk mencapai stabilitas sejak jatuhnya kediktatoran dinasti Duvalier pada tahun 1986, dan telah bergulat dengan serangkaian kudeta dan intervensi asing.

Jovenel Moise telah memerintah dengan dekrit setelah gagal mengadakan pemilihan, dan dalam beberapa bulan terakhir, oposisi menuntut dia mundur, dengan mengatakan dia memimpinnya menuju periode otoriterisme yang suram.

Sejak dia mengambil alih pada tahun 2017, Moise telah menghadapi seruan untuk mengundurkan diri dan protes massa – pertama karena tuduhan korupsi dan pengelolaan ekonominya, kemudian karena cengkeramannya yang semakin meningkat pada kekuasaan.

Akhir-akhir ini, ia memimpin dalam kondisi memburuknya kekerasan geng yang menurut para aktivis hak asasi manusia terkait dengan politik dan para pemimpin bisnis yang menggunakan kelompok bersenjata untuk tujuan mereka sendiri.

Kekhawatiran Global

Di AS, Presiden Joe Biden mengutuk pembunuhan Jovenel Moise sebagai perbuatan “keji” dan menyebut situasi di Haiti – yang terletak sekitar 700 mil (1.125 km) di lepas pantai Florida – mengkhawatirkan. “Kami siap membantu saat kami terus bekerja untuk Haiti yang aman dan terjamin,” katanya.

Republik Dominika mengatakan akan menutup perbatasan dan memperkuat keamanan di daerah itu, tetapi menggambarkan perbatasan sebagai “benar-benar tenang”.

“Kejahatan ini merupakan serangan terhadap tatanan demokrasi Haiti dan kawasan,” kata Presiden Republik Dominika Luis Abinader.

Antonio Guterres, sekretaris jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, juga mengutuk pembunuhan itu dan menekankan bahwa “para pelaku kejahatan ini harus dibawa ke pengadilan,”. Sementara itu Dewan Keamanan PBB menyatakan keterkejutan dan simpati yang mendalam atas kematian Jovenel Moise sebelum pertemuan tertutup pada hari Kamis, yang diminta oleh AS dan Meksiko, untuk mengevaluasi situasi.

Organisasi Kesehatan Pan Amerika (PAHO) menyatakan keprihatinan pada hari Rabu bahwa kekerasan itu dapat menghambat upaya untuk memerangi COVID-19 di Haiti – satu dari sedikit negara di seluruh dunia yang belum memberikan satu suntikan vaksin virus corona.

Di Port-au-Prince, jalan-jalan yang biasanya ramai sebagian besar sepi pada hari Rabu dan bandara ditutup meskipun suara tembakan terdengar di udara.

Sebuah karavan kendaraan termasuk ambulans yang membawa mayat Moise ke kamar mayat harus mengubah rute karena tembakan dan penghalang jalan, menurut laporan setempat.

Sementara saat ini Haiti yang terpolarisasi secara politik dan tengah menghadapi kelaparan yang meningkat, ketakutan akan gangguan ketertiban menyebar – terutama ketika pembunuhan Moise terjadi di tengah kekosongan kekuasaan.

Baru minggu ini, dia menominasikan seorang perdana menteri untuk menggantikan Joseph – yang hanya dimaksudkan untuk menjadi pemimpin sementara – tetapi pejabat itu, Ariel Henry, belum dilantik. Dan ketua Mahkamah Agung, yang mungkin diharapkan membantu memberikan stabilitas dalam krisis, meninggal baru-baru ini karena COVID-19.

Dalam wawancara AP, Joseph mengatakan dia telah berbicara tiga kali dengan Henry dan ada kesepakatan bahwa dia bertanggung jawab untuk saat ini.

“Dia sebenarnya ditunjuk tetapi tidak pernah menjabat,” kata Joseph tentang Henry. “Saya adalah orang yang menjadi perdana menteri, yang sedang menjabat. Inilah yang dikatakan undang-undang dan konstitusi.”

Namun, dalam wawancara AP terpisah, Henry tampaknya membantah Joseph. “Ini situasi yang luar biasa. Ada sedikit kebingungan,” katanya. “Saya perdana menteri di kantor.”

Rabu malam, sebuah isu luar biasa dari lembaran resmi mengatakan perdana menteri dan kabinetnya – yang berarti pemerintahan Joseph – akan mengambil alih kekuasaan eksekutif sampai presiden baru dapat dipilih, sesuai dengan konstitusi Haiti.

Pemilihan presiden, legislatif dan lokal akan diadakan pada bulan September, bersamaan dengan referendum kontroversial tentang konstitusi baru yang menurut Moise akan membantu akhirnya membawa stabilitas politik ke negara itu.

Alex Dupuy, sosiolog kelahiran Haiti di Universitas Wesleyan di Middletown, Connecticut, mengatakan skenario terbaik adalah penjabat perdana menteri dan partai-partai oposisi berkumpul dan mengadakan pemilihan.

“Tapi, di Haiti, tidak ada yang bisa diterima begitu saja. Itu tergantung bagaimana keseimbangan kekuatan saat ini di Haiti,” katanya, menggambarkan situasinya sebagai berbahaya dan tidak stabil.

Partai-partai oposisi utama mengatakan mereka sangat kecewa dengan pembunuhan itu.

“Dalam keadaan yang menyakitkan ini, kekuatan politik oposisi mengutuk dengan sangat keras kejahatan keji yang bertentangan dengan prinsip-prinsip demokrasi ini,” kata pernyataan mereka.

Para pihak menambahkan bahwa mereka berharap Polisi Nasional akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi nyawa dan harta benda, dan mereka meminta warga Haiti untuk “sangat waspada.”

Source: Aljazeera

 

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA