Beranda GAYA HIDUP Inilah Rahasia Agar Selalu Cantik dan Sehat

Inilah Rahasia Agar Selalu Cantik dan Sehat

Cantik
Ada berbagai cara bagi perempuan agar terlihat cantik. Namun, sebelumnya, tanamkan dulu dalam pikiran Anda bahwa kecantikan bukan hanya berasal dari tampilan fisik, melainkan juga dari pikiran yang positif dan pola hidup yang sehat.

Pada periode tertentu dalam hidupnya, kaum hawa bisa mengalami perasaan insecure atau tidak nyaman dan tidak puas terhadap dirinya sendiri. Ditambah dengan adanya standar kecantikan yang tinggi di masyarakat, banyak perempuan yang terus mencari cara agar terlihat cantik di depan semua orang.

Namun, sayangnya, usaha-usaha yang dilakukan sebagai cara agar terlihat cantik dari luar ini kadang bisa membuat seseorang lupa akan kesehatan fisik dan mentalnya. Padahal, kedua hal ini adalah hal yang tidak boleh ditinggalkan untuk terlihat cantik. Lalu, bagaimana cara agar terlihat cantik dan menarik tapi tetap sehat?

Cara agar Terlihat Cantik, Menarik, dan Sehat

Cantik

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah buang jauh-jauh anggapan atau definisi kecantikan yang kurang realistis dan selama ini tertanam dalam pikiran kebanyakan orang, serta diumbarkan berbagai media.

Setelah itu, cobalah untuk fokus kepada nilai-nilai kecantikan yang berdasarkan kesehatan tubuh, misalnya kulit yang lembap dan bersih atau rambut yang kuat, ketimbang nilai kecantikan yang subjektif, seperti kulit yang putih atau rambut yang lurus.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara agar terlihat cantik dan sehat dari luar dan dalam yang bisa Anda terapkan:

  1. Tonjolkan kecantikan nonfisik

Temukanlah definisi cantik yang tidak sekadar menonjolkan penampilan fisik semata. Anda bisa lebih menonjolkan kualitas di dalam diri, contohnya kepribadian, hubungan sosial dengan orang lain, maupun cara Anda melihat dunia.

  1. Murah senyum

Sebagaimana Anda senang melihat orang yang tersenyum, orang lain pun akan senang melihat dan mendapatkan sebuah senyuman. Tersenyum juga diketahui bisa meningkatkan suasana hati Anda, dan suasana hati yang baik juga akan terpancar menjadi kilau tersendiri di wajah Anda.

  1. Jauhi pikiran negatif
BACA JUGA  5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Terlalu banyak khawatir juga dapat meningkatkan kadar hormon kortisol yang bisa menyebabkan berkurangnya kandungan kolagen dalam kulit, sehingga kulit lebih mudah berkeriput. Maka dari itu, perbanyaklah melakukan hal yang membuat Anda merasa bahagia.

  1. Kurangi memandang cermin

Sadarilah bahwa terkadang Anda bisa menjadi pengkritik yang kejam untuk diri Anda sendiri. Jika perlu, beristirahatlah dari memandangi cermin dan mengkritik penampilan Anda untuk sementara waktu. Fokuslah untuk merasa cukup dan senang dengan apa yang Anda miliki sekarang.

  1. Habiskan lebih banyak waktu dengan orang terdekat

Ketika Anda mungkin merasa tidak cantik, terlalu gemuk, atau memerlukan tempat untuk berkeluh kesah mengenai penampilan Anda, berpalinglah pada orang-orang terdekat yang telah mengenal Anda sejak lama dan tidak menganggap penting penampilan luar Anda.

Mereka bisa memperlihatkan bahwa hal-hal yang Anda pikirkan bukanlah sesuatu yang mengurangi nilai Anda di mata mereka, karena mereka telah melihat “inner beauty” Anda. Dengan begitu, Anda dapat kembali merasa nyaman dengan diri sendiri.

  1. Kurangi pemakaian kosmetik

Cobalah untuk tidak mengenakan kosmetik selama 2 hari atau lebih. Hal ini akan menguntungkan kulit Anda karena membuatnya lebih bisa “bernapas” dan lebih bersih sehingga otomatis terlihat lebih sehat.

  1. Selalu jaga kesehatan tubuh

Utamakan kesehatan tubuh dan bukan penampilan. Melakukan diet untuk memperbaiki asupan nutrisi akan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi kesehatan dibandingkan jika Anda hanya melakukannya untuk terlihat seperti model.

  1. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Semua orang tercipta dengan kepribadian dan daya tarik tersendiri. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain, apalagi dengan orang yang usianya berbeda dengan Anda atau dengan bintang film maupun model tenar. Hal ini bisa memicu rasa frustrasi hingga depresi.

  1. Istirahat yang cukup
BACA JUGA  Terungkap Ini Alasan Wulan Guritno Terbiasa Olah Raga

Cukup tidur dapat menjadi cara agar terlihat sehat. Anda mungkin sudah tidak asing dengan kulit yang terlihat kusam ketika kurang tidur. Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan kadar hormon kortisol.

  1. Lakukan olahraga dengan rutin

Berolahraga dengan rutin dapat menyehatkan kulit Anda dan membuat Anda terlihat bugar. Berolahraga juga dapat menaikkan mood dan membuat Anda merasa puas dengan tubuh Anda sendiri.

Luangkan waktu minimal 30 menit untuk melakukan aktivitas fisik setiap harinya, seperti berjalan, berlari, atau bersepeda. Bila perlu, cobalah mengikuti program yoga atau teknik meditasi guna merelaksasi tubuh dan pikiran agar tetap sehat.

  1. Minum air putih yang cukup

Selain untuk menjaga kesehatan, memenuhi kebutuhan air putih juga sangat penting dalam menjaga kecantikan. Dehidrasi bisa membuat kulit Anda terlihat kusam, keriput, dan tidak kencang. Selain itu, bawah mata Anda juga akan lebih mudah menghitam dan menunjukkan kesan kelelahan. Hal ini tentu tidak baik untuk penampilan

  1. Jaga postur tubuh yang benar

Latih atau mulailah kebiasaan berdiri atau duduk dengan postur tubuh yang tegak. Postur tubuh yang baik akan mendukung kesehatan tubuh sekaligus meningkatkan suasana hati, dan membuat Anda terlihat percaya diri dan mengagumkan.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki karakteristik tubuh dan wajah yang berbeda-beda, dan semuanya cantik dengan caranya masing-masing. Jadi, berhentilah beranggapan bahwa definisi cantik harus sesuai dengan apa yang orang lain katakan.

Cantik

Ingatkan pada diri sendiri dan orang di sekitar Anda bahwa cara agar kecantikan tidak selalu dari penampilan fisik. Memiliki rasa optimisme, selalu bersyukur, dan menerima diri sendiri apa adanya juga bentuk dari kecantikan non fisik yang perlu dimiliki setiap wanita.

BACA JUGA  Dino Venture Wahana Seru Menjelajah dan Berinteraksi Dengan Dinosaurus.

Terus-menerus mengikuti tuntutan standar kecantikan dari orang lain yang hanya menitikberatkan pada fisik bisa berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Jika Anda mulai merasa masalah ini mengusik pikiran Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikiater, ya.

Source: alodokter.com

Facebook Comments

Artikel sebelumyaWisata Berbasis Kuda di Resor Mewah Nihi Sumba
Artikel berikutnyaManfaat Alpukat Untuk Jantung dan Atasi Resiko Kanker