Home OLAHRAGA Timnas Indonesia Unggul 5-1 atas Laos di Group B Piala AFF 2020

Timnas Indonesia Unggul 5-1 atas Laos di Group B Piala AFF 2020

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia unggul 5-1 atas Laos pada laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 pada Minggu (12/12/2021) sore WIB. Keunggulan skuad Garuda diberikan oleh Asnawi Mangkualam pada menit ke-23 melalui tendangan penalti serta Irfan Jaya di menit 34.

Keasyikan menyerang, Timnas Indonesia pun kebobolan di menit 41 oleh tendangan tajam, Kydavoe Souvanny. Secara keseluruhan Timnas Indonesia mampu mendominasi jalannya pertandingan, tapi masih kesulitan membobol gawang Laos sekali pun sudah mencetak dua gol.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama Indonesia mendominasi jalannya laga dengan penguasaan bola di atas 70 persen. Laos hanya bermain bertahan dengan memasang lima bek sekaligus. Namun, Laos membuat kesalahan pada menit 22, Kydavone Souvanny menjatuhkan Alfeandra Dewangga di kotak terlarang.

Asnawi Mangkualam yang bertugas sebagai eksekutor menyepak bola dengan keras dan mengubah papan skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia. Pada menit 34, Indonesia berhasil menggandakan keunggulan.

Umpan crossing Asnawi Mangkualam dari sisi kanan lini depan Indonesia berhasil dikonversi menjadi gol oleh Irfan Jaya. Bukan tanpa perlawanan, meski hanya menunggu serangan balik, Laos berhasil menebar ancaman melalui Billy Katkeophomphone di ujung tombak.

Pemain yang berkarir di Prancis itu kemudian mengirim operan ke Kydavonne Souvanny, Laos pun berhasil memperkecil keunggulan melalui sepakan keras.

Memasuki babak kedua, Shin Tae Yong memutuskan menurunkan Elkan Baggott dan Witan Sulaeman untuk menggantikan Rachmat Irianto dan Kushedya Hari Yudo.

Pada menit ke-51, Dedik Setiawan sempat mencetak gol tetapi gol tersebut dinyatakan tidak sah lantaran bola lebih dulu sudah keluar lapangan saat ditendang oleh Evan Dimas.

Gol ketiga akhirnya didapat Timnas Indonesia lewat Witan Sulaeman di menit ke-56. Penetrasi Irfan Jaya di sisi kanan pertahanan Laos diakhiri kejeliannya melihat posisi Witan yang datang membantu serangan.

Irfan Jaya menyodorkan bola yang langsung disambut oleh tembakan kaki kiri. Bola mendatar melesat masuk ke gawang.

Kehadiran Witan berdampak positif bagi serangan Timnas Indonesia. Witan sempat berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang lawan tetapi tembakannya masih bisa dibendung kiper Laos di menit ke-68.

Timnas Indonesia menurunkan Ezra Walian dan Fachruddin Ariyanto untuk menggantikan Dedik Setiawan dan Rizky Ridho.

Evan Dimas mendapat peluang mencetak gol di menit ke-75. Tetapi tendangan Evan Dimas masih melenceng dari sasaran.

Ezra Walian akhirnya bisa mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-77. Kerja sama Ricky Kambuaya dengan Witan diakhiri umpan silang Witan. Umpan tersebut bisa disambut dengan sempurna oleh Ezra Walian dengan tendangan keras.

Di menit ke-80, Fachrudin berhasil menyundul bola masuk ke gawang. Tetapi Fachrudin dianggap melakukan pelanggaran.

Gol kelima untuk Timnas Indonesia hadir di menit ke-84 lewat Evan Dimas. Kapten Timnas Indonesia ini bisa lepas dari pengawalan bek Laos saat mendapat umpan dari Alfeandra Dewangga. Tanpa kesulitan berarti, Evan Dimas bisa menyelesaikan peluang tersebut menjadi gol.

Timnas Indonesia berusaha mencari gol tambahan di sisa waktu yang ada. Namun skor 5-1 tetap bertahan hingga laga usai.

Exit mobile version