Home OLAHRAGA Langkah PSM Makassar Terhenti di Semifinal Piala Menpora, Kalah Adu Penalti dengan...

Langkah PSM Makassar Terhenti di Semifinal Piala Menpora, Kalah Adu Penalti dengan Persija

PSM Makassar
Langkah PSM Makassar akhirnya terhenti di semifinal Piala Menpora 2021 setelah kalah adu penalti di leg kedua dengan Persija Jakarta.

Pertandingan semifinal leg kedua Piala Menpora ini berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4) malam. Namun pertandingan antara PSM Makassar dengan Persija Jakarta di leg kedua ini berjalan tidak sekeras pertandingan di leg pertama.

Namun, apa yang dikuatirkan pelatih PSM Syamsuddin Batola bahwa pertandingan akan berakhir dengan adu penalti ternyata terbukti. Langkah PSM Makassar akhirnya terhenti di semifinal.

Pertandingan antara PSM Makassar dan Persija tampak kedua kesesebelasan melakukan pendekatan skema menyerang tampil hati-hati. Bahkan hingga 15 menit pertama tidak ada tekanan intens dan keduanya belum mampu menciptakan peluang berbahaya.

Apalagi, lini belakang Persija dan PSM tampil cukup rapi dalam membendung serangan-serangan lawan. Fondasi serangan kedua kesebelasan lebih sering mentah di tengah.

Namun, secara perlahan pemain-pemain PSM mulai membiasakan diri bermain di daerah Macan Kemayoran, tapi belum membahayakan gawang Andritany. Sedangkan Persija mencoba memanfaatkan keberadaan Riko Simanjuntak sebagai motor serangan.

Setelah tidak ada gol yang tercipta pada paruh pertama laga, kedua kesebelasan mencoba kembali tampil penuh semangat pada babak kedua.

Namun tim ibu kota dan Juku Eja gagal menampilkan serangan yang tidak optimal dibarengi dengan penampilan solid dalam bertahan. Pada menit ke-89 Yakob Sayuri melepas tembakan ke arah gawang yang masih mampu ditepis Andritany. Di pengujung laga sundulan Zulham Zamrun juga gagal mengarah ke gawang Persija.

Hingga waktu normal berakhir tidak ada gol yang tercipta. Adu penalti menjadi penentu.

Marko Simic yang menjadi eksekutor pertama gagal menaklukkan Hilman Syah. Sepakan kaki kanan Simic ditepis tangan kiri Hilman. Tendangan kencang Hasim Kipuw yang membobol gawang Persija membuat PSM unggul 1-0.

Rohit Chand yang menipu Hilman kemudian menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Pemain senior PSM, Rasyid Bakrie, juga mengecoh Andritany sehingga Laskar Ramang kembali memimpin.

Yann Motta menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Skor pun tak berubah seiring kegagalan Abdul Rachman menceploskan bola ke gawang Persija.

Novri Setiawan yang menjadi algojo keempat Persjia juga gagal memasukkan bola. Hilman Syah kembali menepis bola dan membuat skor tak berubah, masih 2-2.

Sutanto Tan kemudian membawa PSM kembali unggul. Eksekusi pelan Sutanto mengecoh Andritany. Marc Klok kemudian menyamakan kedudukan menjadi 3-3 setelah bola sempat mengenai tiang dan masuk ke gawang.

Setelah Klok menyarangkan bola, Yakob Sayuri, Sandi Sute, Zulham, Riko Simanjuntak, dan Saldy gagal mencetak gol.

Toni Sucipto kemudian membuat bola masuk dan membuat Persija memimpin. Tangkisan Andritany menepis tendangan Zulkifli Syukur kemudian memastikan Persija melaju ke final Piala Menpora 2021.

 

Exit mobile version