Home OLAHRAGA MotoGP: Andrea Dovizioso Gabung Petronas SRT

MotoGP: Andrea Dovizioso Gabung Petronas SRT

motogp Andrea Dovizioso petronas srt
Runner-up MotoGP tiga kali Andrea Dovizioso akan kembali ke grid MotoGP bersama Petronas Yamaha di Misano, menjelang musim 2022. Franco Morbidelli ditarik ke tim Pabrik.

Managing Director Yamaha Racing Lin Jarvis telah mengkonfirmasi rencana Andrea Dovizioso untuk kembali ke grid MotoGP bersama Petronas SRT di Misano, menjelang tampil selama semusim penuh untuk tim satelit Yamaha pada 2022.

“Rencananya adalah Morbidelli dengan tim pabrikan dan Dovizioso dengan tim satelit dari Misano dan kemudian juga pada 2022,” kata Jarvis di situs resmi MotoGP.

Dovizioso perlu menggunakan motor spek A Morbidelli tahun ini, tetapi mendapatkan M1 spek Pabrik untuk musim depan.

Sebagai runner-up tiga kali untuk Ducati, Dovizioso terpaksa mengambil cuti setahun karena kurangnya penawaran kompetitif untuk 2021, sambil mempertahankan prioritasnya adalah balapan di MotoGP lagi.

Pembalap Italia berusia 35 tahun itu telah berperan sebagai pembalap penguji untuk Aprilia tahun ini. Namun asanya untuk maju ke kursi balapan ditutup dengan penandatanganan Maverick Vinales, lowongan di Yamaha muncul karena perpisahan dengan Vinales di pertengahan musim dari tim pabrik Jepang tersebut.

Pembalap penguji Yamaha Cal Crutchlow menjadi pengganti di Silverstone, tetapi Franco Morbidelli – pengganti Vinales tahun 2022, saat ini sedang memulihkan diri dari operasi lutut – diatur untuk beralih dari Petronas ke Monster.

Dengan perpindahan Morbidelli dan Crutchlow yang sibuk dengan pengembangan M1 2022, Petronas SRT membutuhkan pebalap baru untuk bergabung dengan Valentino Rossi yang akan segera pensiun.

Dovizioso, yang telah memenangkan 15 balapan MotoGP untuk Honda dan Ducati, tidak hanya pindah ke posisi terdepan untuk menjadi pembalap pengganti M1 tetapi – dibantu oleh kemungkinan pengumuman bahwa perusahaan Italia WithU mengambil alih Petronas yang akan berhenti menjadi sponsor utama dari proyek ‘SRT’ dengan tampilan baru.

Rincian resmi tim satelit baru Yamaha yang akan muncul menggantikan Tim Petronas Sepang saat ini akan diumumkan di Misano.

Darryn Binder, yang saat ini bergabung dengan SRT di Moto3, diperkirakan akan dipromosikan langsung ke MotoGP bersama Dovizioso musim depan, tetapi pembalap SRT Moto2 Jake Dixon juga berpeluang untuk naik ke MotoGP dengan debut yang solid sejauh ini di Silverstone.

“Saya berharap jika dia memiliki balapan yang baik hari ini, kita dapat melihat Jake lagi di atas motor tahun ini. Itu belum pasti. Jadi mari kita lihat,” kata Jarvis kepada BT Sport. “Jadi Jake bisa menjadi salah satu opsi [untuk Yamaha satelit pada 2022]. Juga jelas Darryn adalah salah satu opsi yang sudah dibicarakan. Dan ada yang lain yang sudah kami ajak bicara. Belum ada keputusan.”

Satu pebalap yang dicoret dari persaingan adalah Toprak Razgatlioglu, yang akan tetap balapan di WorldSBK untuk 2022.

Exit mobile version